Empat Cara Membersihkan Telinga Tanpa Menggunakan Cotton bud

Raka Lestari    •    Senin, 23 Apr 2018 08:00 WIB
tips & trik
Empat Cara Membersihkan Telinga Tanpa Menggunakan Cotton bud
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Cotton buds seringkali diandalkan untuk membersihkan kotoran di dalam telinga. Padahal, sebenarnya kotoran telinga tidak selalu buruk.

Kotoran telinga memiliki fungsi yang cukup penting, yaitu mencegah kotoran dari luar dan debu masuk lebih jauh masuk ke telinga.

Amankah Membersihkan Telinga dengan Cotton Bud ?

Anda hanya perlu menghapus kotoran telinga, jika menutupi lubang telinga Anda. Dan berikut ini adalah cara membersihkan telinga tanpa menggunakan cotton buds, dikutip dari Metro.

1. Kunjungi dokter

Jika kotoran telinga sampai menutupi lubang telinga, periksalah ke dokter untuk mengetahui sejauh mana masalah Anda dan apa yang harus dilakukan untuk membersihkannya terutama jika kotoran telinga Anda sudah sampai mengganggu pendengaran. Dokter akan memberikan solusi yang tepat dan aman untuk dilakukan.

2. Minyak zaitun

Untuk telinga yang tersumbat, teteskan dua atau tiga tetes minyak zaitun ke telinga dua kali sehari selama beberapa hari. Minyak zaitun akan membantu mengeluarkan kotoran telinga dengan mudah.

3. Earwax softener

Earwax softener berfungsi sama seperti minyak zaitun, Anda bisa mendapatkan cairan pelembut kotoran telinga ini di apotek-apotek. Masukkan beberapa tetes cairan khusus ini ke dalam telinga Anda dan tunggu sampai beberapa hari sampai kotoran telinga Anda keluar secara alami.

4. Lap basah

Penggunaan lap basah biasanya dipakai untuk membersihkan sekitar area telinga. Masukkan jari Anda ke dalam lap basah, lalu gosokkan pada bagian sekitar telinga agar kotoran-kotoran yang menempel dapat hilang. Ini adalah pilihan terbaik jika Anda mencoba membersihkan telinga yang terkena kosmetik. Bagian luar telinga bisa dilihat oleh orang lain, sehingga bagian ini cukup penting untuk sering-sering dibersihkan.

Lihat video:




(DEV)