Tips Mengatasi Penipisan Rambut karena Penuaan

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 07 Jun 2018 11:55 WIB
kesehatan
Tips Mengatasi Penipisan Rambut karena Penuaan
Seiring bertambahnya usia, kontak dengan suhu panas akan semakin banyak. (Foto: Aryan Safabakhsh/Unsplash.com)

Jakarta: Tahukah Anda bahwa seiring dengan bertambahnya usia, maka tekstur rambut juga akan berubah?

"Beberapa wanita mungkin menyadari rambut mereka semakin tipis, yang disebabkan karena perubahan hormon," tukas penata rambut terkenal Luke Hersheson. 

Misalnya, wanita hamil cenderung merasa rambut mereka semakin lebat dan tebal karena memproduksi hormon yang lebih banyak dan terjadi penipisan rambut karena hormon kembali normal. 

Umumnya, rata-rata wanita kehilangan 50-100 helai rambut per hari. Meskipun normal, penata rambut dari Paul Edmonds, Lizzie Hearn, menyarankan untuk potong rambut bila merasa tak nyaman. 

Menurutnya, banyak wanita memilih potongan yang lebih pendek ketika mereka makin tua. Namun, yang penting adalah bagaimana potongan rambut, dibandingkan panjang rambut. 

"Katakan pada penata rambut Anda bagaimana Anda ingin terlihat, seperti terlihat lebih lebat, sehingga mereka tahu model apa yang cocok," saran Hearn.


(Rata-rata wanita kehilangan 50-100 helai rambut per hari. Meskipun normal, penata rambut dari Paul Edmonds, Lizzie Hearn, menyarankan untuk potong rambut bila merasa tak nyaman. Foto: Keenan Constance/Unsplash.com)

(Baca juga: Ini Model Rambut untuk Wanita di Atas 40 Tahun)

Penampilan rambut sendiri terkadang dijadikan sebagai patokan kesehatan secara umum dan kesegaran seseorang. Artinya, model rambut dapat berubah di luar siklus alaminya karena sejumlah alasan seperti perubahan pola makan atau kurang tidur.

"Kabar baiknya, rambut dapat diubah dan diperbaiki baik dengan perawatan rambut atau suplemen," ujar penata rambut asal London, Andrew Jose.

Perubahan rambut sendiri dapat dipengaruhi oleh suhu. Seiring bertambahnya usia, kontak dengan suhu panas akan semakin banyak. 

"Ketika Anda masih kecil, kondisi rambut cenderung bagus karena rambut tidak mengalami kerusakan kimia atau panas," jelas David Felstead, direktur Daniel Galvin Hair & Scalp Clinic.

"Ketika Anda semakin tua dan mulai menggunakan warna dan alat-alat (pengering rambut, pelurus, penjepit), kualitas rambut bisa berkurang kecuali jika dirawat dengan benar. Itulah sebabnya mengapa kami para penata rambut sering menyarankan pemotongan secara teratur dan menggunakan masker pengondisi yang mendalam seminggu sekali."





(TIN)