Dampak Jerawat pada Kesehatan Mental

Raka Lestari    •    Selasa, 02 Oct 2018 10:35 WIB
kesehatan mental
Dampak Jerawat pada Kesehatan Mental
(Foto: Shape Magazine)

Jakarta: Kehadiran jerawat tentu bisa menurunkan tingkat rasa percaya diri Anda karena penampilan menjadi terganggu. Lebih dari itu, jerawat ternyata memiliki dampak pula pada kesehatan mental. Hal ini berkaitan dengan persepsi Anda terhadap diri sendiri.

Dr Aisling O'Donnell dan Jamie Davern, Ph.D, peneliti dari University of Limerick  membuat survei untuk mengeksplorasi bagaimana jerawat mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Ia melihat bahwa jerawat memberi stigma yang sangat tinggi, menyebabkan tekanan psikologis yang lebih besar pada beberapa orang. 

Ia pun menilai bahwa tanggapan orang lain tentang penampilan Anda yang berjerawat berpotensi meningkatkan kecemasan dan serangan depresi yang tinggi sebagai hasilnya. 

"Seperti banyak ejekan yang berhubungan dengan fisik, jerawat digambarkan sebagai sesuatu yang mengerikan, baik itu melalui budaya, iklan-iklan atau melalui media sosial. Hal ini dapat menyebabkan orang dengan rasa percaya diri yang rendah merasa tersiksa," ujar Davern. 

Yang harus Anda lakukan sebenarnya adalah mengubah pola pikir Anda, yang mana setiap orang pasti pernah memiliki jerawat. Penyebab jerawat pun beragam, mulai dari kurang menjaga kebersihan, faktor stres, hingga ketidakseimbangan hormon. 




(DEV)