Operasi Plastik Bisa Bikin Lebih Muda Berapa Tahun?

Raka Lestari    •    Kamis, 04 Oct 2018 16:34 WIB
Kabar Ratna Dianiaya
Operasi Plastik Bisa Bikin Lebih Muda Berapa Tahun?
(Foto: Reader Digest)

Jakarta: Banyak orang menghindari efek penuaan di wajah. Sebagian berusaha tetap tampak muda dengan operasi plastik. Pertanyaannya, memang operasi plastik bisa membuat orang lebih terlihat muda berapa tahun? 

Ahli bedah plastik Dr Irena Sakura Rini, MARS SpBP membenarkan bahwa operasi plastik bisa membuat kulit tampak awet muda. Namun, pasien tidak boleh berharap banyak wajah akan terlihat jauh dari usia aslinya.

"Misalnya seseorang operasi plastik agar terlihat 10 tahun lebih muda, itu tidak bisa. Maksimal sekitar lima atau enam tahun lebih muda. Mungkin bisa terlihat menjadi sangat muda selama badannya sangat sehat sehingga dapat menunjang penampilan," jelas dokter yang akrab disapa Rini itu saat dihubungi Medcom.id, Kamis, 4 Oktober 2018.

Dalam operasi plastik sendiri, terdapat dua tujuan utama yaitu untuk estetika dan rekonstruksi. 

"Misalnya, seseorang ingin agar kelopak mata mereka menjadi lebih segar, atau ingin perut lebih langsing agar baju-baju yang mereka miliki sewaktu muda bisa kembali muat, dan lain sebagainya. Itu bertujuan untuk estetika," imbuh wanita yang juga menjabat sebagai Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetika Indonesia (PERAPI) ini. 

Sementara, bedah konstruksi bisa dilakukan untuk yang tidak sempurna akibat kecelakaan atau luka bakar. 

"Rata-rata mereka yang operasi memang sudah berpikir matang, bukan untuk menarik lawan jenis tetapi untuk lebih meningkatkan kepercayaan diri mereka," pungkasnya.

Lihat video:





(DEV)