Lima Kebiasaan Olahraga yang Memicu Nyeri

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 31 Jul 2018 10:51 WIB
tips kesehatan
Lima Kebiasaan Olahraga yang Memicu Nyeri
Ilustrasi (Foto: Via Shopify)

Jakarta: Kesalahan kecil saat berolahraga dapat berkabar fatal pada kesehatan, yang sering kali tak disadari hingga muncul rasa sakit. 

Berikut adalah beberapa kesalahan umum dalam berolahraga menurut Aashish Chaudhry selaku Direktur Pelaksana dan Ahli Bedah Ortopedi dari Rumah Sakit Aakash, India. 

1. Posisi lutut mengarah ke dalam

Hal ini dapat memicu cedera lutut saat melakukan aktivitas angkat beban, seperti jongkok. Seharusnya, lutut tidak mengarah ke dalam untuk menghindari tekanan. Selain itu, kencangkan otot samping pinggul agar beban tak bertumpu di bagian bawah semua. 

2. Mengangkat siku terlalu tinggi saat angkat beban

Hal itu dapat menyebabkan tekanan pada bahu dan memicu cedera. Selain itu, kebiasaan ini juga membuat olahraga makin berat karena jarak waktu yang makin banyak. Disarankan untuk mengangkat beban tak terlalu tinggi, seperti dekat bahu, untuk menghindari tekanan dan menguatkan otot di sekitar tangan. 

3. Ambil langkah kecil ketika akan melompat

Kebiasaan ini dapat memberikan. Tekanan berlebih pada lutut. Cobalah berlari/berjalan cepat dengan langkah besar dan arahkan beban pada tumit agar tekanan pada lutut berkurang. 

4. Jogging dengan tumpuan tumit

Kebiasaan ini dapat mengguncang pergelangan kaki, lutut dan pinggul yang dari waktu ke waktu sehingga memicu nyeri lutut, sakit pada tulang kering, dan cedera kaki lainnya. 

5. Posisi leher yang buruk

Orang cenderung melihat ke bawah atau lurus ke depan saat melakukan squat, push up atau angkat beban. Akibatnya, postur tulang belakang leher pun memburuk. Hindari kebiasaan tersebut agar tak muncul rasa nyeri pada bagian tersebut.  

 


(ASA)