Minuman Susu dan Sereal Baik untuk Bumil yang Mual

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 31 Jul 2018 16:29 WIB
kehamilan
Minuman Susu dan Sereal Baik untuk Bumil yang Mual
Apakah kebutuhan susu dan sereal sesuai untuk ibu hamil? Simak informasinya berikut ini. (Foto: Alexander Mils/Unsplash.com)

Jakarta: Banyak orang sarapan instan dengan mengonsumsi minuman susu dan sereal, yang diklaim memiliki kebutuhan nutrisi yang mencukupi di pagi hari. Namun, apakah kebutuhan tersebut juga sesuai untuk ibu hamil (bumil)?

"Pada dasarnya, kebutuhan nutrisi tergantung usia kehamilan. Jika sudah akhir, tidak berbeda dengan orang biasa," jawab dr. Ulul Albab, SpOG dalam peluncuran kampanye Energen 'Sarapan Bernutrisi Agar Perut Terisi Siap Konsentrasi', Selasa 31 Juli 2018. 

Ia juga menyebutkan tak ada pantangan tertentu bagi bumil normal. Namun, dr. Ulul menyarankan agar bumil sarapan seperti biasa dan menjadikan minuman tersebut sebagai pelengkap saja. Artinya, kebutuhan nutrisi untuk orang hamil sudah terpenuhi terlebih dahulu. 

(Baca juga: 3 Langkah agar Sereal jadi Menu Sarapan yang Menyehatkan)


(Dr. Ulul menyarankan agar bumil sarapan seperti biasa dan menjadikan minuman susu serta sereal sebagai pelengkap saja. Foto: Brooke Lark/Unsplash.com)

Di satu sisi, jenis minuman tersebut dianjurkan pada bumil yang masih dalam usia kandungan muda, yang masih mengalamai mual dan muntah. 

Perasaan mual umumnya membuat nafsu makan menurun dan sedikit makanan yang masuk ke mulut, oleh karena itu minuman ini bisa digunakan untuk mengisi perut yang menolak makanan sekaligus. 

"Ibaratnya, tak perlu harus nasi yang masuk, es krim juga sudah cukup. Yang penting protein untuk tubuh cukup," tambahnya. 

Ia juga menyarankan untuk menghindari makanan yang dapat menaikkan asam lambung, seperti makanan pedas atau asam, karena tak baik untuk pencernaan bumil.




(TIN)