Dampak Kurang Tidur Bagi Hubungan Romansa

Raka Lestari    •    Selasa, 07 Aug 2018 11:32 WIB
romansa
Dampak Kurang Tidur Bagi Hubungan Romansa
(Foto: Health)

Jakarta: Selain membuat tubuh berfungsi dengan baik, tidur juga membantu otak memproses emosi dan memori dengan lebih baik. 

"Kurang tidur dapat menurunkan kemampuan otak, terutama melakukan aktivitas sehari-hari," ujar W. Christopher Winter, ahli saraf yang berbasis di Charlottesville, VA dan penulis The Sleep Solution. 

Tak hanya itu, kurang tidur ternyata berdampak pada hubungan dengan pasangan. Dalam hal ini, Winter memaparkan dampaknya. 

1. Lebih mudah marah

Ketika Anda kurang tidur, bagian otak yang berkaitan dengan emosi dan memori, yaitu amygdala tidak berfungsi dengan baik. Amygdala dapat melepaskan lebih banyak neurotransmitter, yang menurut Winter bisa membuat Anda bereaksi berlebihan atau tidak memperhatikan perasaan orang lain. 

"Saat seseorang tidak dapat tidur dengan baik, Anda cenderung bereaksi berlebihan terhadap situasi, bahkan situasi yang tidak terlalu mengganggu. Ini dapat menyebabkan lebih banyak konflik dan hubungan yang kurang baik," kata Jennifer L. Martin, psikolog klinis dan spesialis pengobatan tidur di UCLA.

2. Mudah lelah da sakit

Kurang tidur  meningkatkan risiko dari berbagai masalah kesehatan seperti diabetes, obesitas, penyakit jantung, dan depresi.

Selain berbagai penyakit tersebut, kurang tidur juga dapat menyebabkan berbagai penyakit ringan seperti flu dan batuk. 

"Jika Anda sakit atau merasa lelah maka itu bisa berdampak negatif pada hubungan," kata Martin. 

3. Jadwal bertemu jadi kacau

"Jika Anda memiliki pasangan dengan waktu tidur atau waktu kerja yang tidak teratur, itu dapat berpengaruh pada hubungan Anda karena akan lebih kesulitan untuk mengatur jadwal untuk bertemu atau menghabiskan waktu bersama."

Lihat video:




(DEV)