Alasan Badan Terasa Sakit Setelah Baru Berolahraga

Yatin Suleha    •    Selasa, 10 Apr 2018 14:13 WIB
kesehatan
Alasan Badan Terasa Sakit Setelah Baru Berolahraga
Menurut Mohammad Rahmatollah seorang Certified Personal Trainer dari Felx Gym asal Dubai, UEA mengatakan baru memulai olahraga dan badan terasa sakit itu adalah hal yang wajar. (Foto: Filip Mroz/Unsplash.com)

Jakarta: Bagi Anda yang baru memulai lagi berolahraga seringkali merasakan pada bagian tubuh tertentu terasa sakit.

Sebut saja misalnya bagian tengah badan Anda atau kaki setelah jogging. Ternyata hal tersebut menurut Mohammad Rahmatollah seorang Certified Personal Trainer dari Felx Gym asal Dubai, UEA mengatakan hal tersebut wajar.

"Ini terjadi karena otot manusia selalu dalam keadaan 'tertidur'. Tubuh selalu dalam keadaan dingin, dan sirkulasi selalu normal atau minimal. Dan ketika Anda mencoba untuk memulai lagi berolahraga seperti berlari, ini memanaskan kondisi tubuh," ujar Mohammad Rahmatollah.

Dan menurut Mohammad Rahmatollah ada alasanya kenapa bagian kaki yang terasa paling sakit, "Ini karena kaki memiliki otot paling besar," ujarnya. 

Ia juga menjelaskan bahwa melakukan olahraga lagi artinya Anda memulai lagi kegiatan mengolah tubuh dan karena Anda baru memulainya, otot-otot Anda memulai lagi untuk "bangun". 

(Baca juga: Program 45 Hari Ini Bisa Membuat Perut Anda Rata Kembali)

"Ini tak masalah," ungkap Mohammad Rahmatollah, karena menurut Certified Personal Trainer sekaligus soccer coach ini rasa sakit hanya akan bertahan paling tidak minimal selama 1 minggu.

"Dan orang tersebut sebaiknya meneruskan lagi latihan yang ia lakukan. Jangan ragu, karena otot-otot Anda memerlukan sirkulasi darah untuk menghilangkan rasa sakit tersebut. Dan nikmati meningkatnya pompaan dalam jantung Anda yang berdetak," ucap Mohammad Rahmatollah.

Mohammad Rahmatollah mengingatkan jika seseorang tersebut berhenti berolahraga karena alasan badan yang terasa sakit, ini justru malah akan menyebabkan sakit yang lebih parah lagi dan lebih lama. 


















Konsultan: Mohammad Rahmatollah
Certified Personal Trainer dari Felx Gym, Dubai, UEA.








(TIN)