Menyiasati Si Kecil yang Susah Makan

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 24 Apr 2018 18:11 WIB
tumbuh kembang anak
Menyiasati Si Kecil yang Susah Makan
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Meskipun sedang dalam pertumbuhan dan perkembangan, si kecil kadang tak suka makan apapun, atau kerap disebut gerakan tutup mulut (GTM).

"Anak umur 2 tahun biasanya memang bermasalah dalam urusan makan," ujar psikolog Ratih Ibrahim dalam edukasi kesehatan di Jakarta, Selasa, 24 April 2018.

Ia pun memberikan beberapa tips sederhana agar kebutuhan nutrisi si kecil tetap terpenuhi. Pertama, biarkan mereka mencicipi.

"Coba biarkan mereka mencicipi, jangan langsung diberi porsi besar. Selain itu, berikan porsi yang sesuai. Misalnya, satu genggam tangan dia, supaya tidak dirasa kebanyakan."

Menurut Ratih, kegiatan mencicipi penting sebagai stimulasi dimana berbagai rasa yang masuk ke dalam mulut anak akan tersimpan di alam bawah sadar mereka.

Kedua, akali makanan secara tematik. Ia mencontohkan, memberikan dominasi warna makanan yang berbeda tiap hari. 

"Jika ingin dominasi kuning, berikan makanan seperti jagung atau kentang."

Pengasuh, dalam hal ini orang tua, juga turut berpengaruh pada nafsu makan anak. Jika ibu yang menemani anak terlihat bersemangat saat makan, maka si kecil bisa jadi akan ikut tergoda untuk makan.

"Jadi baiknya ibu dan anak duduk bersama supaya ibu juga bisa mencontohkan makan yang baik, ini bisa membangun karakter diri dan mengatur diri," tambahnya.

Lihat video:




(DEV)