Permasalahan pada Mata yang Sebaiknya Tidak Diabaikan

Raka Lestari    •    Kamis, 26 Jul 2018 06:00 WIB
kesehatan
Permasalahan pada Mata yang Sebaiknya Tidak Diabaikan
(Foto: Online Pharmacy)

Jakarta: Kesehatan mata berpengaruh pada kesehatan fisik secara keseluruhan. Sayangnya, banyak orang mengabaikan gangguan-gangguan yang sering terjadi pada mata sehingga terjadi keterlambatan deteksi pada masalah kesehatan yang lebih besar. 

"Mengetahui masalah pada mata lebih awal dapat berpengaruh pada kesehatan Anda secara keseluruhan. Bahkan meskipun Anda secara teratur memeriksakan mata Anda, masalah pada mata bisa saja terjadi secara tiba-tiba dan membutuhkan perhatian yang khusus," kata Sayoko Moroi, profesor oftalmologi dan ilmu-ilmu visual di Pusat Mata Kellogg Universitas Michigan.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tidak biasa dibawah ini, Anda perlu segera mengeceknya ke dokter. 

1. Mata sakit atau terasa seperti terbakar

Peradangan atau iritasi adalah penyebab utama mata Anda terasa sakit dan terbakar. Kondisi ini dinamakan blepharitis yang disebabkan karena bakteri atau tungau kecil yang hidup di kelopak mata. 

Kemungkinan lain adalah karena bintil, infeksi, atau peradangan yang menyakitkan pada kelenjar minyak kelopak mata. Dokter biasanya akan meminta Anda menggunakan kompres untuk mengurangi peradangan tersebut, dan operasi jika memang diperlukan. 

2. Mata kering dan kemerahan

Kemerahan berarti mata Anda terganggu dan pembuluh darahnya membesar, dan bisa disebabkan oleh beberapa hal: zat kimia seperti bawang, atau reaksi alergi. Penyebab lain yang bisa membuat mata Anda menjadi sangat kering adalah saat mata Anda tidak menghasilkan cukup air mata untuk membuat mata terlumasi dengan baik. 

Moroi biasanya merekomendasikan menggunakan pelumasan mata atau air mata buatan, tetapi jika itu tidak berhasil sebaiknya Anda segera menemui dokter.

3.Terdapat tahi lalat atau bintik-bintik pada mata

Jika Anda memiliki tahi lalat atau bintik-bintik pada mata dan itu sebelumnya tidak ada, mungkin Anda perlu segera ke dokter mata. 

"Perhatikan tahi lalat baru Anda tersebut, karena mereka berpotensi menjadi ganas, yang disebut dengan melanoma," ujar Moroi. 

Meskipun ini sangat langka, namun tetap perlu diawasi. Jika tumor atau melanoma berkembang di bagian belakang mata, ganguan penglihatan akan segera muncul, mulai dari pandangan kabur bahkan bisa sampai menyebabkan lepasnya retina mata.

4. Penglihatan Anda berbayang

Penglihatan yang berbayang terjadi karena otot-otot mata Anda tidak selaras dengan benar, kata Moroi. 

Itu bisa terjadi karena masalah neurologis atau bahkan mungkin tumor otak atau stroke. Jika itu hanya masalah otot, kadang-kadang prisma juga dapat digunakan secara sementara di kacamata. Penggunaan prisma dapat membantu memperbaiki penglihatan Anda dengan membelokkan cahaya untuk menyelaraskan dua gambar menjadi satu. Ada juga pendekatan bedah untuk memperbaiki ketidakselarasan otot, kata Moroi.




(DEV)