Manfaat Olahraga di Pagi Hari

Raka Lestari    •    Kamis, 02 Aug 2018 11:00 WIB
kesehatan
Manfaat Olahraga di Pagi Hari
Berolahraga adalah cara lain yang bagus untuk menjaga tingkat energi Anda. (Foto: Emma Simpson/Unsplash.com)

Jakarta: Melakukan olahraga di pagi hari dapat memberikan banyak manfaat, terutama bagi tubuh Anda. Menurut Caleb Backe, seorang personal trainer dan ahli kesehatan dan kebugaran untuk Maple Holistics, mengatakan kepada Elite Daily bahwa pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk melakukan olahraga. 

"Pada pagi hari, tubuh akan berada dalam keadaan sangat prima karena energi yang sudah terisi oleh tidur malam yang nyenyak." Dan menurut Backe, meskipun sulit untuk dilatih menjadi sebuah kebiasaan tetapi berolahraga pada pagi hari memiliki banyak manfaat seperti berikut ini: 

1. Baik untuk kesehatan mental
Menurut Backe, berolahraga di pagi hari memiliki dampak yang sangat besar bagi kesehatan mental Anda. "Berbagai macam kegiatan fisik, terutama jika dilakukan di pagi hari penting untuk kesehatan mental yang baik." 

Ia juga menambahkan dengan melakukan berbagai gerakan di pagi hari, tubuh Anda akan melepaskan bahan kimia yang berguna bagi homeostatis dan pemeliharaan yang tepat bagi tubuh."

(Baca juga: Manfaat Olahraga Kayak bagi Tubuh)


(Menurut Backe, berolahraga di pagi hari memiliki dampak yang sangat besar bagi kesehatan mental Anda. Foto: Jacob Postuma/Unsplash.com)

2. Bermanfaat bagi tingkat kreativitas
Jika Anda merasakan tingkat kerativitas yang menurun, Backe mengatakan banyak orang menemukan bahwa berolahraga pagi dapat menjadi langkah penting dalam membersihkan pikiran dan meningkatkan kreativitas. 

"Selain meningkatkan aliran oksigen ke otak, olahraga pagi dapat menghilangkan stres dan membuat Anda merasa terjaga dan siap untuk menghadapi hari-hari ke depan," katanya kepada Elite Daily. 

3. Meningkatkan energi
"Berolahraga adalah cara lain yang bagus untuk menjaga tingkat energi Anda," kata Backe. "Hormon yang berbeda yang dilepaskan selama olahraga pagi tidak hanya membantu Anda dengan meningkatkan kemampuan berolahraga tetapi mereka juga meningkatkan tingkat energi Anda dan membantu membangun kepercayaan diri Anda." 

4. Membantu tidur 
Menurut Bill Fish, pelatih tidur bersertifikat dan co-founder Tuck Sleep mengatakan, "Salah satu manfaat berolahraga di pagi hari adalah akan membantu Anda tidur lebih baik," katanya. 

Saat Anda berolahraga di pagi hari, kata Fish, Anda punya banyak waktu bagi tubuh Anda pulih sebelum Anda tidur di malam hari sehingga memungkinkan Anda untuk mendapatkan jumlah tidur yang cukup di malam hari. 

5. Meningkatkan fokus 
Latihan aerobik memiliki korelasi yang kuat untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi, menurut April Tafoya, pelatih pribadi bersertifikasi NASM.  

Sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam jurnal NeuroImage menemukan bahwa segera setelah bangun tidur seseorang melakukan olahraga selama 10 hingga 25 menit, korteks prefrontal mereka bekerja lebih keras untuk menahan gangguan, jadi secara alami meningkatkan fokus mereka.




(TIN)