Ketahui Tiga Jenis Air Mata Anda

Raka Lestari    •    Kamis, 19 Jul 2018 10:00 WIB
kesehatanpsikologi
Ketahui Tiga Jenis Air Mata Anda
Ada tiga jenis air mata yang diproduksi tubuh Anda. Berikut informasinya. (Foto: Milada Vigerova/Unsplash.com)

Jakarta: Menangis adalah hal yang manusiawi. Dan ketika Anda merasa ingin menangis tidak perlu malu untuk melakukannya karena menangis memiliki beberapa manfaat dan biasanya akan merasakan sedikit lega setelahnya. 

Mungkin belum banyak yang mengetahuinya, namun sebenarnya ada tiga alasan mengapa seseorang menangis dan menangis dapat bermanfaat bagi kesehatan mental dan fisik Anda. 

Menurut Robert Glatter, M.D., asisten profesor pengobatan darurat di Lenox Hill Hospital, Northwell Health, tubuh Anda mengetahui kapan waktu untuk menangis sebagai respons dari emosi yang kuat dan sebagai mekanisme dalam mengatasi fisik Anda.

Ia juga menjelaskan bahwa ada tiga jenis air mata yang diproduksi tubuh Anda, yaitu: emosional, refleks, dan basal. 


(Menurut Robert Glatter, M.D., asisten profesor pengobatan darurat di Lenox Hill Hospital, Northwell Health, tubuh Anda mengetahui kapan waktu untuk menangis sebagai respons dari emosi yang kuat dan sebagai mekanisme dalam mengatasi fisik Anda. Foto: Tom Pumford/Unsplash.com)

(Baca juga: Kenapa Menangis Baik untuk Tubuh Anda?)

1. Emotional tears
Air mata ini terjadi ketika berbagai emosi seperti kesedihan, ketakutan, bahkan kebahagiaan yang sangat berlebihan, bersama dengan tingkat hormon oksitosin yang lebih tinggi, serta endorfin.

Glatter memberi tahu Elite Daily bahwa dengan membiarkan diri Anda menangis, Anda sebenarnya membiarkan hormon-hormon tersebut dilepaskan yang dapat membantu Anda merasa lebih baik dengan mengurangi rasa sakit emosional dan fisik. 

2. Reflex tears
Reflex tears adalah air mata yang terjadi secara refleks seperti air mata yang keluar secara tiba-tiba ketika Anda sedang mengiris bawang. Glatter mengatakan ketika segala jenis bahan kimia atau asap yang terkena mata Anda memicu jenis air mata ini, pada dasarnya itu adalah cara tubuh Anda untuk "membantu menyiram mata Anda."

3. Basal tears
Basal tears merupakan air mata yang banyak mengandung protein dan berasal dari saluran air mata Anda sendiri. "Air mata jenis ini tidak ada hubungannya dengan perasaan emosional Anda. Air mata jenis ini nyaris tidak terlihat dan mereka membantu mata kita agar tetap terlubrikasi dan lembap ketika Anda berkedip agar mata tidak kering," ujar Glatter. 




(TIN)