Emosi Positif Tingkatkan Kualitas Hidup Pasien Kanker

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 18 Jul 2018 15:31 WIB
kanker
Emosi Positif Tingkatkan Kualitas Hidup Pasien Kanker
(Foto: Genemarkers)

Jakarta: Banyak manfaat dari berpikir positif. Tak hanya memengaruhi kesehatan fisik, tetapi juga mental.  Sebuah studi belum lama ini mengklaim bahwa emosi positif juga membantu melawan kanker. 

Penelitian yang dipublikasi dalam jurnal ilmiah Nature tersebut menyebutkan bahwa terdapat koneksi antara keadaan mental pasien dan kelangsungan hidup penderita kanker.

Penelitian yang dilakukan pada tikus ini mengeksplorasi peran sistem penghargaan pada otak dalam melawan tumor.

"Mengingat peran sentral dari sistem penghargaan dalam emosi positif, temuan ini memperkenalkan mekanisme fisiologis dimana kondisi psikologis pasien dapat berdampak pada kekebalan anti-tumor dan perkembangan kanker," tulis studi tersebut, seperti dilansir The Health Site.

Menurut penelitian tersebut, beberapa subset sel kekebalan tubuh seperti Myeloid Derived Suppressor Cells (MDSCs), mendukung pertumbuhan tumor dengan menekan respons kekebalan anti-tumor dan dengan menghasilkan lingkungan yang menguntungkan tumor. 

MDSC adalah salah satu pengatur aktivitas sistem kekebalan dalam tubuh.

Dalam penelitian ini, para peneliti menstimulasi sistem penghargaan di otak tikus pengontrol tumor secara artifisial, dengan menaikkan tingkat dopamin. Dopamin adalah neurotransmitter yang membantu mengatur perasaan yang menyenangkan. 

Kemudian, para peneliti mengidentifikasi respons sistem kekebalan tikus, dengan pengurangan aktivitas MDSC. Setelah 14 hari perawatan terus menerus, para peneliti mengidentifikasi terdapat 50 persen pengurangan ukuran tumor.

Menurut para peneliti, beberapa penelitian sebelumnya berfokus pada dampak emosi negatif seperti depresi dan stres pada penderita kanker. 

Dengan kata lain, emosi positif dapat meningkatkan kualitas hidup penderita kanker. 





(DEV)