Manfaat Epsom Salt bagi Ibu Hamil

Raka Lestari    •    Rabu, 30 May 2018 15:45 WIB
kesehatan kulit
Manfaat Epsom Salt bagi Ibu Hamil
Untuk menambah sensasi ketika sedang berendam, Anda bisa menambahkannya dengan epsom salt atau garam Inggris. (Foto: Jason Tuinstra/Unsplash.com)

Jakarta: Seperti banyak kebanyakan ibu hamil lainnya, berendam dalam waktu yang lama bisa menjadi salah satu hal yang dapat meringankan bengkak pada kaki atau bagian-bagian tubuh lainnya. 

Untuk menambah sensasi ketika sedang berendam, Anda bisa menambahkannya dengan epsom salt atau garam Inggris. Namun, apakah berendam dengan menggunakan epsom salt ini dapat memiliki manfaat wanita hamil?

Menurut Dokter dan ahli bedah podiatrik Georgeanne Botek, DPM, di Klinik Cleveland menulis di blog mereka bahwa pembengkakan di beberapa bagian tubuh pada ibu hamil tergantung pada bagaimana cara meminimalisir dan cara melaluinya. Dan garam inggris tampaknya bisa membantu mengurangi pembengkakan. 

Dikutip dari Romper.com, epsom salt kaya akan kandungan magnesium, yang terbukti secara ilmiah dapat mengurangi terjadinya pembengkakan. 


(Untuk menambah sensasi ketika sedang berendam, Anda bisa menambahkannya dengan epsom salt atau garam Inggris. Foto: Joanna Kosinska/Unsplash.com)

(Baca juga: 5 Manfaat Garam Inggris Bagi Kesehatan dan Kecantikan)

Carolyn Dean, MD, ND, ahli magnesium dan anggota Dewan Penasehat Medis dari Nutritional Magnesium Association mengatakan "Pada tingkat sel, magnesium mengurangi peradangan. Pada sampel yang menggunakan hewan, kekurangan magnesium dapat membuat terjadinya peradangan. Untuk itu, dengan meningkatkan asupan magnesium dapat mengurangi peradangan."

Menurut Nutrients, ada banyak studi dan jurnal yang menyebutkan bahwa magnesium berguna untuk segala hal mulai dari kesehatan jantung dan otot hingga gejala pramenstruasi. 

Namun perlu diperhatikan juga agar berhati-hati dalam menggunakannya dan usahakan agar tidak sampai tertelan. Mengingat jika Anda terlalu banyak mengonsumsi magnesium secara oral dapat menyebabkan diare.





(TIN)