Cara Sederhana Hilangkan Sisa Makanan yang Menyangkut di Gusi

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 17 Sep 2016 18:02 WIB
kesehatan gigi dan mulut
Cara Sederhana Hilangkan Sisa Makanan yang Menyangkut di Gusi
Cara Sederhana Hilangkan Sisa Makanan yang Menyangkut di Gusi (Foto: istock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Makanan yang tersangkut di gusi atau di antara gigi sering membuat tak nyaman. Selain sulit dihilangkan, Anda akan merasa kurang nyaman saat berkomunikasi dengan orang lain.

Dokter gigi mengungkapkan bahwa 85 persen orang tidak mengikuti dengan baik aturan kebersihan gigi sehingga menimbulkan masalah gigi.

Beberapa orang tanpa ragu menggunakan benda tajam untuk mengambil kotoran kecil yang tersangkut, padahal hal itu jelas tak disarankan.

Berikut adalah beberapa tips untuk membersihkan kotoran yang menyangkut pada bagian mulut tanpa memberi efek berbahaya.

1. Langkah paling cepat untuk membersihkan kotoran adalah sengan menggunakan lidah. Tekstur yang lunak bisa membuat kotoran ikut terbawa.

2. Jika berada di rumah, segera gosok gigi dengan menggunakan sikat gigi.
   
3. Berkumur menggunakan air garam adalah salah satu solusi mudah untuk menghilangkan kotoran yang sulit diambil di gusi. Selain itu, cara ini juga dapat mencegah perkembangbiakan bakteri dalam mulut.
   
4. Tusuk gigi adalah salah satu alat pengambil kotoran di gigi yang mudah ditemukan. Anda bisa menggunakan ini, namun perlu diketahui terlalu sering penggunaan akan merusak gusi.

5. Menggunakan benang gigi memang baik untuk menghilangkan kotoran yang menyangkut. Namun, jika Anda merasa sakit saat melakukannya, kemungkinan terjadi infeksi, segera hubungi dokter.


(ELG)