Mengapa Sikat Gigi Malam Penting?

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 11 Oct 2016 13:53 WIB
kesehatan gigi dan mulut
Mengapa Sikat Gigi Malam Penting?
Menyikat gigi di malam hari, kandungan fluoride yang terdapat dalam pasta gigi berguna untuk menguatkan email gigi dari serangan asam bakteri di rongga mulut. Dan mampu bertahan selama 12 jam. (Foto: Metrotvnews.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian dari Unilever menjelaskan bahwa frekuensi tidak menyikat gigi pada malam hari di Indonesia terbilang tinggi, yaitu 77 persen pada anak-anak dan 70 persen pada orangtua.

Beberapa alasan mengapa kebiasaan tersebut tidak dilakukan adalah merasa lelah, lupa, bosan, terganggu dengan hal lain, tidak tertarik dengan kegiatan tersebut, atau tak peduli sama sekali. 

Jadi, meskipun mereka tahu bahwa kebiasaan ini penting, para responden ini merasa sudah cukup dengan aktivitas kesehatan gigi di siang hari saja.

(Baca juga: Cara Mengusir Warna Kuning pada Gigi)

Hasil penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa sekitar 46 persen dari responden hanya menyikat gigi sehari sekali dimana rata-rata ibu menyikat 1,5 kali sehari dan anak 1,3 kali.

Padahal, sikat gigi di malam hari memang diperlukan untuk melindungi gigi dari bahaya kuman yang lebih aktif.

"Saat malam hari, tak ada aktivitas dalam mulut sehingga aliran kelenjar ludah pun lebih sedikit. Sementara, tidak gosok gigi membuat perkembangbiakan bakteri dalam mulut lebih cepat karena mereka memakan sisa makanan yang tertinggal dan menjadikannya asam," tukas drg. Ratu Mirah GCClinDrnt, MDSc, Head of Professional Relationship Oral Care PT Unilever Indonesia Tbk. dalam acara peluncuran Cerita Petualangan Mama Sigi dan Pepo, Selasa (11/10/2016).

Asam tersebut nantinya akan melarutkan mineral yang terdapat pada lapisan gigi luar sehingga dapat mengakibatkan gigi berlubang.

Selain itu, jika menyikat gigi di malam hari, kandungan fluoride yang terdapat dalam pasta gigi dan berguna untuk menguatkan email gigi dari serangan asam bakteri di rongga mulut, mampu bertahan selama 12 jam. Sementara, normalnya fluoride bertahan selama 1-4 jam saja saat siang hari karena aktivitas mulut yang dilakukan pun berbeda antara siang dan malam.

Olah karena itu, sikat gigi malam hari adalah penting karena selain mencegah perkembangbiakan bakteri semakin cepat, kebiasaan positif ini juga membantu menguatkan lapisan gigi dengan menggunakan pasta gigi berflouride.








(TIN)

Video /