Cara Cegah Flu dan Batuk Selama Masa Kehamilan

Pelangi Karismakristi    •    Kamis, 28 Dec 2017 13:00 WIB
kesehatan ibu
Cara Cegah Flu dan Batuk Selama Masa Kehamilan
Ilustrasi. Shutterstock

Jakarta: Tubuh seorang wanita yang sedang dalam masa kehamilan terus mengalami perubahan dan butuh waktu untuk menyesuaikan diri. Ibu hamil dianjurkan selalu menjaga stamina agar tak terserang penyakit.

Batuk dan pilek adalah penyakit umum yang kerap menyerang ibu hamil. Gejalanya seperti tenggorokan gatal, hidung meler, kelelahan, dan bersin terus menerus. Meskipun tak berpengaruh pada janin di dalam kandungan, namun ada baiknya Anda mencegahnya dengan langkah ini:

1. Vaksin flu

Vaksin flu bisa Anda lakukan tiap waktu selama kehamilan, bahkan sampai trimester tiga. Suntik flu ini tidak akan mempengaruhi bayi dan aman selama kehamilan.

2. Rajin cuci tangan

Menjaga keberihan adalah cara terbaik untuk menghindari pilek dan batuk. Kontak tangan dengan orang yang sedang flu berisiko, karena virus dapat menyebar dengan cara ini.

Oleh karenanya, Anda disarankan sering mencuci tangan dengan sabun untuk mencegah virus masuk ke tubuh. Bawalah cairan pembersih tangan saat bepergian dan hindari bau yang membuat Anda mual.

3. Perbanyak air putih

Air putih membantu mencegah batuk dan pilek, karena memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Selain air putih, Anda juga bisa minum jus buah, infus water, atau teh. Pilih minuman yang tidak berkafein, karena kafein akan berpengaruh pada janin. Disarankan Anda minum teh herbal.

4. Dilarang stres

Kondisi stres atau tertekan akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh seeorang. Saat imun lemah, penyakit mudah menyerang tubuh.

Usahakan Anda tidak stres, baik fisik maupun mental. Pastikan Anda cukup istirahat, hindari stres dengan latihan pernapasan maupun hal menyenangkan lainnya.

5. Jangan sentuh wajah

Bila ragu tangan Anda tak cukup bersih, lebih baik tidak menyentuh wajah. Ini karena virus akan masuk ke tubuh melalui mulut dan lubang hidung.

Bahkan ketika Anda telah cuci tangan, jangan sentuh wajah bila tak perlu, karena Anda tak pernah tahu apakah ada atau tidak virus.

6. Jauhi penderita flu

Bila seseorang di sekitar Anda terserang pilek atau batuk, sebaiknya Anda perlu menjaga diri. Salah satu yang bisa dilakukan adalah tidak berbagi apa pun dengannya, baik itu sendok, garpu, atau handuk.

 


(TRK)