Amankah Beberapa Tanaman Hias Ini di Rumah Anda?

Anggi Tondi Martaon    •    Selasa, 26 Dec 2017 14:37 WIB
kesehatan
Amankah Beberapa Tanaman Hias Ini di Rumah Anda?
Calla lili masuk ke dalam daftar tanaman hias yang tidak aman bagi anak-anak dan hewan peliharaan jika tak sengaja tertelan. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Tanaman hias menjadi salah satu alternatif untuk mempercantik ruangan rumah Anda. Namun tidak semua tanaman hias aman karena berbahaya untuk anak-anak dan binatang peliharaan.

Dikutip dari Foxnews.com, berikut beberapa tanaman hias yang tidak aman untuk penghias ruangan.

1. Daun Bahagia (Dumb cane)
Jangan pernah terbuai dengan keindahan tanaman ini. Ternyata tanamanan daun bahagia memiliki senjata untuk melindungi dirinya dari hewan dan manusia, yaitu kristal berbentuk jarum kecil di atas daunnya atau biasa disebut raphides. 

Selain itu, getah yang terkandung dalam tanaman ini juga dapat menimbulkan rasa terbakar dan mengganggu pernapasan jika tertelan. Jadi, pertimbangkan kembali jika ingin memilih tanaman ini sebagai dekorasi mempercantik ruangan rumah.


(Bunga Oleander ini dipercaya bisa mengakibatkan ruam di kulit. Foto: Courtesy of Houston Chronicle)

2. Bunga Jepun (Oleander)
Meski memiliki mahkota yang indah, namun bunga jepun tidak cocok dijadikan sebagai dekorasi interior rumah Anda. Sebab, madu pada bunga jepun dapat mengakibatkan ruam kulit, mual atau muntah, serta diare.

Tak hanya itu, cairan madu bunga jepun juga dapat membuat detak jantung tidak teratur, tekanan darah rendah, pingsan atau kelemahan umum, sakit kepala, pusing atau kantuk. Jika Anda atau orang yang dicintai kebetulan mengonsumsi tanaman beracun ini, maka sangat disarankan untuk segera diberikan tindakan medis.

(Baca juga: 5 Bunga yang Bisa Dijadikan Pengharum Ruangan)

3. Calla lili
Pasti banyak yang terkejut jika calla lili masuk ke dalam daftar tanaman hias yang tidak aman bagi anak-anak dan hewan peliharaan. Hal itu disebabkan kalsium oksalat yang dapat pembakaran mulut, pembengkakan, iritasi, dan kesulitan menelan.


(Calla lili ini tak aman bagi anak-anak dan hewan peliharaan jika terkonsumsi. Foto: Courtesy of Easy To Grow Bulbs)

4. Easter lili
Tak jauh beda dengan kala lili, easter lili jiga sangat beracun, terutama pada kucing. Pemilik kucing. Jika termakan satu atau dua daun easter lili, maka dapat ginjal pada kucing akan mengalami kerusakan.

Sedangkan efek racun easter lili pada manusia dapat menyebabkan sakit perut, muntah, diare, penglihatan kabur atau kelemahan. 

5. Philodendron
Kelompok tanaman ini banyak digunakan sebagai houseplant karena warna hijau yang menyenangkan dan perawatannya relatif mudah. Namun, philodendron sangat tidak aman bagi manusia, terutama anak kecil atau bayi karea mengandung kalsium oksalat yang buruk. Kalsium oksalat dapat menyebabkan terbakar, iritasi mulut, pembengkakan lidah, muntah dan diare. 










(TIN)