Berapa Banyak Sebaiknya Mengonsumsi Kale Per Hari?

Raka Lestari    •    Kamis, 04 Jan 2018 18:54 WIB
kesehatan
Berapa Banyak Sebaiknya Mengonsumsi Kale Per Hari?
Manfaat dari mengonsumsi kale sudah sangat jelas, namun tetap harus waspada agar Anda tidak mengonsumsinya terlalu berlebihan. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Satu cangkir kale (100 gram) mengandung hanya sekitar 35 kalori dan mengandung 2,5 gram serat, menurut Lauren Manganiello, seorang ahli diet. "Kale juga mengandung vitamin C dan K yang tinggi serta antioksidan seperti beta karoten," katanya.

Juga merupakan sumber kalsium, potasium, dan magnesium nabati yang baik. Para ahli juga menemukan bahwa fitokimia dalam kale dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Tidak heran banyak orang yang menambahkan kale ke dalam asupan hariannya. Namun apakah dengan mengonsumsi terlalu banyak kale merupakan sesuatu yang baik? 

Beberapa tahun yang lalu, dunia kesehatan penuh dengan laporan bahwa memakan kale terlalu banyak bisa beracun.  Banyak orang khawatir bahwa akar kale menyerap timbal dan thallium, logam berat yang ditemukan di tanah dan makan terlalu banyak sayuran tersebut akan menyebabkan kadar logam beracun yang meningkat dalam darah. 


(Manfaat dari mengonsumsi kale sudah sangat jelas, namun tetap harus waspada agar Anda tidak mengonsumsinya terlalu berlebihan. Foto: Gettyimages)

(Baca juga: Seberapa Banyak Harus Makan Buah dan Sayur?)

"Kale sangat mengagumkan, namun sebaiknya Anda melakukan variasi," ujar Manganiello. Mengonsumsi terlalu banyak serat, seperti yang ditemukan dalam kale dapat mengacaukan sistem glikemik indeks, menyebabkan kembung, diare, gas, sembelit, dan bahkan penyerapan nutrisi yang tidak tepat. "Tentunya, Anda akan mengalami efek tersebut jika terlalu banyak mengonsumsi kale," kata Manganiello. 

Ia mengatakan bahwa Anda bisa mengonsumsi kale setiap hari. Dia merekomendasikan satu sampai dua porsi maksimal kale per hari, agar bisa memberikan ruang untuk makan makanan sehat lainnya yang bisa memberikan berbagai macam nutrisi.

"Kale juga merupakan sumber zat besi yang baik dan memadukannya dengan makanan yang kaya vitamin C, seperti stroberi, buah sitrus atau jus lemon dapat membantu penyerapan yang lebih baik," katanya.

Manfaat dari mengonsumsi kale sudah sangat jelas, namun tetap harus waspada agar Anda tidak mengonsumsinya terlalu berlebihan. 










(TIN)