Plus Minus Memiliki Gangguan Kecemasan

Raka Lestari    •    Rabu, 04 Oct 2017 16:10 WIB
kesehatan
Plus Minus Memiliki Gangguan Kecemasan
(Foto: Omicsgroup)

Metrotvnews.com, Jakarta: Masyarakat dikejutkan dengan adanya kejadian penembakan yang terjadi di sebuah konser di Las Vegas. Sebanyak 58 orang dikabarkan tewas dan lebih dari 500 orang terluka, membuat kejadian ini menjadi penembakan paling mematikan dalam sejarah Amerika Serikat, seperti diberitakan NBC News.

Dan kejadian ini tidak hanya terjadi di Amerika Serikat saja. Sebanyak 23 orang tewas dalam bom bunuh diri di konser Ariana Grande yang diadakan di Manchester, Inggris pada Mei lalu. Satu minggu kemudian, seorang pria dilaporkan menusuk dua orang wanita di stasiun kereta Marseille, Prancis.

Dari semua berita-berita tersebut, bisa dimengerti jika Anda akan merasa sedikit gelisah saat berada di tempat-tempat yang ramai.

"Sebetulnya, ini merupakan kondisi psikologis yang baik, emosional, dan mekanisme protektif untuk merasa takut pada saat-saat tersebut," ujar psikolog klinis John Mayer, Ph.D., pengarang buku Family Fit: Find Your Balance in Life.

Memiliki sedikit rasa khawatir ketika berada di keramaian bukanlah sesuatu yang buruk karena memang disiapkan untuk membantu Anda melindungi dari bahaya yang dirasakan, kata David Klow, seorang terapis dan juga pemilik Skylight Counseling Center di Chicago. Namun, hal tersebut juga bisa menjadi sesuatu yang berlebihan, terutama jika Anda merasa takut akan sesuatu yang tidak ada.

"Memang penting untuk merasa waspada, tapi jika Anda waspada berlebihan, itu akan menimbulkan gangguan kecemasan," kata David.

Inilah mengapa Mayer menyarankan untuk menyadari segala aspek situasi sebelum Anda bepergian ke tempat keramaian sehingga Anda bisa menentukan pilihan yang tepat untuk keselamatan Anda.

Jika Anda merasa cemas luar biasa saat berada di keramaian, termasuk untuk melakukan pertemuan-pertemuan biasa, mungkin sudah saatnya untuk Anda berkonsultasi dengan pakar kesehatan mental.

"Hidup akan lebih mudah jika Anda memiliki bantuan untuk kesehatan mental Anda dan kesejahteraan Anda." ujar Klow.




(DEV)