Alasan Mengapa Anda Bertangan Kidal

Raka Lestari    •    Rabu, 10 Jan 2018 13:03 WIB
kesehatan
Alasan Mengapa Anda Bertangan Kidal
Sebanyak 10-12 persen populasi di dunia menggunakan tangan kidal, dan hal tersebut membuat orang yang bertangan kidal merupakan sesuatu yang langka. (Foto: Itakdali/Shutterstock)

Jakarta: Sebanyak 10-12 persen populasi di dunia menggunakan tangan kidal, dan hal tersebut membuat orang yang bertangan kidal merupakan sesuatu yang langka. Menggunakan tangan kidal, memiliki beberapa manfaat salah satunya termasuk tingkat kreativitas dan ambisi yang lebih tinggi.

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal eLife mungkin akhirnya menemukan alasan di balik sesuatu hal yang menarik ini. Penelitian sebelumnya telah menyebutkan bahwa kidal disebabkan oleh perbedaan genetik di otak.

Namun menurut para ilmuwan di Ruhr-Universitat Bochum, sumsum tulang belakang menentukan tangan dominan yang digunakan seseorang.


(Sebanyak 10-12 persen populasi di dunia menggunakan tangan kidal, dan hal tersebut membuat orang yang bertangan kidal merupakan sesuatu yang langka. Foto: Pixabay.com)

(Baca juga: Orang dengan Tangan Kidal Terbukti Lebih Jenius)

Untuk mencapai temuan ini, para peneliti dari Jerman tersebut merekrut ibu hamil yang berusia delapan sampai 12 minggu dan menguji cara kerja gen saraf tulang belakang pada bayi mereka. Dan hasilnya adalah Korteks motorik yang mengendalikan gerakan lengan dan tangan melalui sinyal ke otak dan sumsum tulang belakang tidak terhubung sampai minggu ke 15 kehamilan. 

Namun, bayi menunjukkan apakah akan dominan menggunakan tangan kanan atau kiri pada usia delapan minggu. Ini menunjukkan bahwa otak tidak dapat mengendalikan kecenderungan menggunakan tangan kanan atau kiri, tapi saraf tulang belakanglah yang menentukan.

Tangan dominan yang Anda akan gunakan ketika Anda lahir ditentukan oleh perbedaan genetik pada saraf tulang belakang yang telah ditentukan bahkan sebelum Anda lahir. Dengan kata lain, jika Anda adalah seorang bertangan kidal maka Anda memiliki gen istimewa yang berbeda dari yang lainnya.










(TIN)