Perbedaan Antara Tumor dan Kanker yang Perlu Diwaspadai

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 25 Oct 2018 12:06 WIB
kanker payudara
Perbedaan Antara Tumor dan Kanker yang Perlu Diwaspadai
Tahukah Anda perbedaan antara kanker dan tumor? Simak informasinya berikut. (Foto: Ben White/Unsplash.com)

Jakarta: Kanker dan tumor adalah dua hal yang menakutkan. Mendengarnya saja sudah ngeri. Namun, tahukah Anda perbedaan antara keduanya?

Ahli deteksi dini dr. Martha Roida Manurung dari RS Kanker Dharmais mengungkapkan bahwa kanker adalah bagian dari tumor.

"Setiap benjolan tak normal pada tubuh adalah tumor. Ada berbagai faktor penyebab tumor, di antaranya infeksi, benturan, dan peradangan," terangnya dalam kegiatan Deteksi Dini Kanker Payudara di kantor Metro TV, Kamis 25 Oktober 2018.

Baca juga: Metro TV Adakan Deteksi Dini Kanker Payudara)


(Ahli deteksi dini dr. Martha Roida Manurung dari RS Kanker Dharmais mengungkapkan bahwa kanker adalah bagian dari tumor. Foto: Palon Youth/Unsplash.com)

Sementara, sifat tumor terbagi dua yaitu jinak dan ganas. Kanker adalah tumor ganas, di mana pertumbuhan sel tak normal tersebut berubah sifat menjadi ganas.

Benjolan tersebut umumnya dilambangkan dengan kepiting. Hal ini dikarenakan sel kanker yang menyerupai hewan bercapit tersebut.

Terkait perbedaan, dr. Martha mengungkapkan bahwa penyebaran sel adalah yang paling nampak. Sel kanker cenderung menyebar ke organ tubuh lain sehingga bisa memicu komplikasi. Sementara, tumor tidak demikian. "Makanya, jika terdiagnosis kanker, sebaiknya segera ditangani supaya tak menyebar ke bagian lain," saran dia.




(TIN)