Manfaat Peregangan Tubuh Selain untuk Pemanasan

Torie Natalova    •    Jumat, 09 Nov 2018 17:48 WIB
kesehatan
Manfaat Peregangan Tubuh Selain untuk Pemanasan
Ada beberapa manfaat yang bisa Anda raih dengan rutin melakukan peregangan tubuh. (Foto: Bill Ringer/Unsplash.com)

Jakarta: Peregangan penting untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah cedera sebelum mulai olahraga. Terkadang, Anda melewatkan peregangan ini sebelum memulai latihan kardio ataupun angkat berat.

Sebenarnya, peregangan tidak hanya penting sebelum Anda memulai olahraga, ada beberapa manfaat yang bisa Anda raih dengan rutin melakukan peregangan tubuh.

1. Membantu bertindak dan berpikir cepat
Hanya beberapa menit melakukan peregangan dapat meningkatkan aliran darah melalui seluruh tubuh, termasuk otak. Ini akan membantu Anda tetap semangat dan membantu merasa kurang lamban.

2. Mengurangi kemungkinan jatuh
Peneliti berpikir bahwa peregangan dapat membantu koordinasi otot halus yang berarti dapat membantu Anda menghindari terjatuh karena Anda bisa menyeimbangkan diri.

(Baca juga: Peregangan Untuk Kehidupan Seks yang Lebih Baik)


(Peregangan penting untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah cedera sebelum mulai olahraga. Foto: Wee Lee/Unsplash.com)

3. Mudah bergerak tanpa sakit
Peregangan teratur juga dapat meredakan otot dan sendi yang kaku. Karenanya, penting untuk melakukan peregangan dengan benar. Hindari peregangan statis, pilih peregangan yang fokus pada mobilitas seperti mengangkat bahu, membelok pergelangan tangan dan mengangkat lutut.

4. Membantu bergerak lebih baik
Peregangan memungkinkan Anda untuk memiliki rentang gerak dan mobilitas yang baik. Peregangan yang dinamis dianjutkan sebelum latihan untuk meningkatkan suhu tubuh dan fleksibilitas sendi. Sementara peregangan statis lebih baik untuk mengakhiri latihan atau pendinginan.

5. Mengurangi stres
Peregangan dapat membantu meredakan ketegangan baik fisik maupun mental karena, meregangkan otot-otot yang kencang membuat Anda merasa lebih rileks. Tapi ingat, jangan memaksakan peregangan atau terlalu berlebihan karena bisa membuat Anda kesakitan.




(TIN)