Stres Bisa Berdampak pada Kesuburan

Raka Lestari    •    Sabtu, 10 Nov 2018 10:32 WIB
kesuburan
Stres Bisa Berdampak pada Kesuburan
Stres Bisa Berdampak pada Kesuburan (Foto: shutterstock)

Jakarta: Salah satu dampak stres yang mungkin belum banyak diketahui ialah stres dapat berpengaruh terhadap kesuburan seseorang. Hal ini sering dirasakan oleh mereka yang sedang ingin berusaha untuk hamil. Dan terkadang perasaan ingin segera hamil tersebut bisa membuat mereka stres, yang pada akhirnya mengganggu kesuburan mereka dan tentu saja dapat membuat mereka untuk kesulitan hamil.

Dr Hana Visnova, spesialis reproduksi dan direktur klinis dari klinik IVF terkemuka di Eropa, menjelaskan bahwa ini semua karena adalah hormon yang dihasilkan sebagai akibat dari stres, dan bagaimana hormon tersebut memberi tahu tubuh bahwa terlalu berbahaya untuk hamil. Dengan kata lain, jika tubuh menganggap stres sebagai situasi yang sangat berbahaya dan menyebabkan tubuh berada dalam mode "fight or flight" itu tidak akan memaksimalkan peluang Anda untuk bereproduksi.

"Ketika tubuh Anda sedang stres, tubuh Anda akan masuk ke dalam mode 'fight or flight'," kata Dr Visnova kepada Metro.co.uk.

"Hormon adrenalin, kortisol dan norepinefrin membanjiri aliran darah. Dan mereka mengatakan kepada tubuh bahwa karena ada ancaman yang dirasakan, maka sekarang sama sekali bukan saat yang tepat untuk hamil," lanjutnya.

Sangat mudah untuk merasa stres terutama ketika berada di bawah tekanan untuk segera hamil, namun menurut Dr Visnova sangat penting untuk tetap merasa rileks dan tenang terutama ketika Anda sedang mencoba untuk hamil.

"Entah itu apakah Anda sedang mencoba untuk hamil secara alami, atau Anda sedang menjalani program kehamilan tertentu, yang terpenting adalah bagaimana cara menjaga agar Anda tidak merasa lelah," ujarnya.


 


(ELG)