Vitamin D Mampu Kurangi Risiko Penyakit Pernapasan Akut pada Lansia

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 19 Nov 2016 18:33 WIB
kesehatan lansia
Vitamin D Mampu Kurangi Risiko Penyakit Pernapasan Akut pada Lansia
Vitamin D Mampu Kurangi Risiko Penyakit Pernapasan Akut pada Lansia (Foto: istock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di India mengungkapkan bahwa dosis vitamin D yang tinggi dapat mengurangi insiden penyakit pernapasan akut pada orang tua.

Studi tersebut menunjukkan bahwa terdapat penurunan sebesar 40 persen pada penyakit pernapasan akut yang merupakan salah satu penyebab utama dari penyakit serius hingga kematian pada pasien yang tinggal di panti jompo dan memakai fasilitas perawatan jangka panjang.

Vitamin D dapat meningkatkan sistem imun untuk melawan infeksi karena menjadi garis pertahanan pertama dari sistem kekebalan tubuh.

Hal ini berpotensi menyelamatkan banyak nyawa. Hanya sedikit dokter yang menangani penyakit respirasi akut dan sebagian besar infeksi tidak mempan pada antibiotik. Namun, sepertinya vitamin D berpotensi mencegah infeksi tersebut," ujar pemimpin studi Adit Ginde, profesor di University of Colorado, Denver, Amerika Serikat.

Pada orang tua, garis pertahanan pertama sering terganggu. Sementara, vitamin D berpotensi memperkuatnya dan mencegah berbagai penyakit seperti penumonia, influenza, dan bronkitis.

Hal ini juga dapat mencegah infeksi dan eksaserbasi dari penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) seperti emfisema.

Untuk penelitian ini, tim meneliti 107 pasien dengan usia rata-rata 84 tahun selama 12 bulan. Setengah dari mereka tidak mengalami penyakit respirasi akut dan dua kali lipat lebih sedikit mengalami insiden sakit.




 


(ELG)