Gadget Dianggap Sama seperti Mainan Anak Lainnya

Nia Deviyana    •    Rabu, 16 Nov 2016 14:10 WIB
anak-anak
Gadget Dianggap Sama seperti Mainan Anak Lainnya
(Foto: Science Daily)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak orang tua khawatir memberikan gadget kepada anak-anak. Mereka takut, gadget memberikan pengaruh negatif terhadap tumbuh kembang dan kecerdasan anak.

Psikolog anak Intan Indira Riauskina, M.sc punya pendapat tersendiri mengenai pemberian gadget pada anak. Menurut dia, gadget sama seperti mainan lainnya yang tak memberi dampak buruk.

"Saya melihat gadget seperti permainan anak pada umumnya. Tidak memberi efek positif atau negatif yang signifikan," ujarnya dalam bincang-bincang di Metro I-Care.

Dia juga menyoroti orang tua yang terobsesi memiliki anak cerdas. Banyak cara dilakukan demi menunjang inteligensia anak, termasuk memberikan mainan edukatif.

Cara tersebut memang bagus. Namun, harus diingat bahwa tak hanya kecerdasan intelektual anak saja yang harus diasah, tetapi juga kecerdasan emosional.

"Anak-anak juga harus merasa senang secara emosional. Kasihan kalau disuruh belajar terus. Jadi kalau anak mau main gadget ya diberikan saja," saran dia.

Penelitian yang dirilis American Academy of Pediatric juga mengatakan hal serupa. Para peneliti mengatakan, orang tua tak harus merasa bersalah saat memberi anak gadget.

Namun, gadget memang harus digunakan secara bijaksana, dan menggunakannya pun bukan semata untuk belajar dan bermain, tetapi juga membawa kebersamaan antar anggota keluarga.

Menurut  Dr. Jenny Radesky, ahli perkembangan anak di Boston Medical Center, anak sudah mulai belajar konsep yang sangat mendasar dari media sejak usia 18 bulan, terutama jika mereka menggunakannya bersama orang dewasa.

Kemudian, orang tua menggunakan media sebagai alat pengajaran untuk membantu anak menerapkan pengetahuan di sekitar mereka.

"Kami katakan jika Anda ingin mulai mengenalkan media sejak usia 18 bulan, itu tidak apa-apa, tetapi menggunakannya harus didampingi, dan pilih media yang baik," ujar Dr Jenny seperti dikutip NBC News.

Pastikan juga anak-anak tidak bermain gadget setidaknya satu jam sebelum tidur, sehingga mereka tidak kesulitan tidur.


 


(DEV)