Penggunaan Alat Pengukur Suhu Tubuh pada Bayi

Yatin Suleha    •    Jumat, 11 Nov 2016 15:32 WIB
kesehatan anak
Penggunaan Alat Pengukur Suhu Tubuh pada Bayi
Pembacaan pada jenis termometer ini, yang bekerja dengan memindai aliran darah melalui arteri di dahi, bisa sedikit melenceng karena keringat atau suhu ruangan. (Foto: Celebrityparentsmag)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketika bayi Anda demam, maka rasa khawatir sekaligus takut dirasakan. Ini sangat alamiah, namun alat apa yang Anda gunakan untuk mengukur suhu tubuh bayi saat ia demam?

Tidak dipungkiri bahwa berbagai alat pengukuran suhu tubuh semakin canggih, namun untuk bayi ada baiknya Anda langsung memeriksakannya ke dokter.

(Baca juga: Kenali Jenis Demam dan Penyebabnya)

Mengapa alat pengukur suhu tubuh-yang dapat membaca melalui dahi seperti jenis alat temporal artery scanner sebaiknya dihindari? Michael Dudas, MD, chief of pediatrics di Virginia Mason Medical Center di Seattle, Amerika ini memberikan keterangan bahwa bayi baru lahir yang mengalami demam membutuhkan perawatan di rumah sakit.

"Pembacaan pada jenis termometer ini, yang bekerja dengan memindai aliran darah melalui arteri di dahi, bisa sedikit melenceng karena keringat atau suhu ruangan," papar Dudas. 

Hal ini sangat penting karena menurut Dudas membaca suhu tubuh bayi secara akurat itu sangatlah penting. "Mungkin Anda bisa menghentikan dulu penggunaan alat tersebut, sampai si kecil berusia satu tahun. Dan untuk mengukur suhunya, gunakan termometer rektal, melalui anus atau lebih baik jika segera dibawa ke dokter untuk diperiksa," saran Dudas.





(TIN)

Video /