5 Kebiasaan Pemicu Keriput di Wajah

Nia Deviyana    •    Minggu, 11 Jun 2017 18:22 WIB
tips & trik
5 Kebiasaan Pemicu Keriput di Wajah
(Foto: skinphilosophie)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penuaan merupakan fase yang pasti dialami siapa pun seiring bertambahnya usia. Namun, penuaan bisa terjadi lebih cepat, apalagi jika Anda sering melakukan kebiasaan berikut.

1. Multitastking

Stres akibat banyaknya kesibukan akan membebani tubuh Anda. "Banyak orang berpikir multitasking itu baik, tapi sebenarnya Anda tak mendapatkan apa-apa. Hanya menciptakan lebih banyak tekanan," kata Raymond Casciari, MD, kepala petugas medis RS St. Joseph di Orange, California.

Banyak penelitian mengungkap bahwa stres kronis menjadi pemicu pelepasan radikal bebas, molekul yang bisa membuat kulit Anda menua. Daripada mengerjakan tugas sekaligus, Dr Casciari menyarankan untuk berkonsentrasi mengerjakan satu tugas dan mengerjakan yang lain ketika satu tugas telah selesai.

2. Banyak konsumsi gula

Selain menambah bobot tubuh, makanan manis bisa memicu kerut di wajah Anda. "Secara internal, molekul gula menempel pada serat protein di sel. Proses yang dikenal dengan nama glikasi ini dapat mengakibatkan hilangnya sinar, serta meningkatkan lingkaran hitam dan garis halus di bawah mata.

3. Sering begadang

Kurang tidur tak hanya berdampak pada kesehatan jantung, tetapi juga memicu kantong hitam di bawah mata. Untuk mendapatkan wajah segar, tidur tujuh jam sebenarnya sudah optimal. Tidurlah lebih awal jika Anda mengalami gejala seperti lelah di siang hari, lesu, gangguan pada fokus, serta penambahan berat badan.

4. Gemar menonton televisi

Studi yang dimuat dalam British Journal of Sports Medicine menunjukkan, menonton televisi setiap jamnya dapat menurunkan angka harapan hidup hingga 22 menit. Orang-orang pada umumnya menghabiskan 6 jam sehari untuk menonton televisi.

"Ketika Anda duduk lebih dari 30 menit, tubuh akan menyetorkan gula ke sel. Hasilnya bukan hanya obesitas, tapi juga penuaan," kata Casciari.

5. Menggunakan tabir surya hanya ketika berlibur

Banyak orang hanya menggunakan tabir surya ketika liburan di pantai. Padahal, Anda juga membutuhkannya ketika sedang menyetir, berbelanja, bahkan ketika berada di dalam ruangan.

"Penyebab nomor satu dari penuaan adalah paparan sinar ultraviolet. Cahaya UV hadir bahkan saat cuaca mendung dan hujan. Jadi, lindungi kulit dengan memakai tabir surya kapanpun," ujar Sarah L. Taylor, MD, profesor dermatologi di Wake Forest Baptist Medical Center. Taylor merekomendasikan untuk menggunakan SPF antara 30-50 untuk pemakaian sehari-hari.


 


(DEV)