Postur Berdiri yang Salah Sebabkan Masalah Tulang Belakang

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 17 Sep 2017 08:42 WIB
tips kesehatan
Postur Berdiri yang Salah Sebabkan Masalah Tulang Belakang
(Foto: Builtlean)

Metrotvnews.com, Jakarta: Posisi tubuh berdiri tanpa disadari dapat memengaruhi bagaimana postur tubuh secara keseluruhan. Karena itu, posisi tubuh berdiri sebaiknya dilakukan dengan benar.

Lalu, bagaiamanakah posisi berdiri yang baik dan benar.

"Usahakan jangan membungkuk. Selain itu, selalu gunakan bagian inti (core) dalam perut dalam segala posisi, termasuk berdiri," ujar Riena Tambunan selaku selaku Team Guide Analysts PUMA Indonesia dalam peluncuran PUMA NETFIT, belum lama ini.

Selain itu, sebaiknya berikan sedikit jarak antara kedua kaki dan bebankan berat badan pada bagian tumit. Hal ini dikarenakan bagian tersebut memiliki ototo yang paling keras dan kuat.

"Otot pada tumit berbentuk bulat seperti ulekan, yang saling menyambung, jadi besar," tambahnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan bahwa seiring bertambahnya usia, maka orang akan semakin mengarah ke bawah sesuai dengan gaya gravitasi alami.

"Posisi berdiri adalah masalah kebiasaan, kalau salah terus-menerus akan menyebabkan masalah pada tulang belakang," terangnya.

Selain berdiri, Riena juga mengungkapkan pendapatnya tentang kebiasaan memeluk bantal guling saat tidur. Kebiasaan yang membuat nyaman tersebut ternyata dapat berdampak buruk pada tulang penopang tubuh.

"Tidur menyamping dapat membuat tulang belakang memanjang, bukannya memendek sehingga tak baik bagi tubuh," terangnya.

Oleh karena itu, ia menyarankan agar tidur dengan posisi terlentang agar bentuk tulang belakang terjaga.




(DEV)