3 Makanan yang Memicu Makan Berlebih

Torie Natalova    •    Sabtu, 23 Sep 2017 10:35 WIB
makanan berbahaya
3 Makanan yang Memicu Makan Berlebih
3 Makanan yang Memicu Makan Berlebih (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Fokus melakukan segala macam kegiatan dapat diawali dengan menjaga perut tetap kenyang atau terisi penuh. Namun, perlu diingat bahwa makan yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan Anda.

Sayangnya, tanpa disadari Anda justru sering mengonsumsi makanan yang membuat Anda makan lebih banyak. Makanan tersebut umumnya dikemas dengan gula, karbohidrat, dan bumbu buatan. Sehingga, makanan tersebut akan dibuat tanpa protein dan serat yang sangat diperlukan tubuh untuk memuaskan perut Anda.

Karenanya, terlalu banyak mengonsumsi makanan tersebut akan membuat Anda tetap merasa lapar meski telah makan. Menurut ahli gizi, memang ada beberapa makanan yang dapat membuat Anda merasa lapar berlebih.

Tiga jenis makanan dan minuman ini adalah pemicu Anda makan lebih banyak yang seringkali tidak Anda sadari sering dikonsumsi.

1. Roti putih

Makan roti tawar putih dapat meningkatkan insulin dan menyebabkan Anda mengalami kenaikan berat badan. Perlu diketahui bahwa roti tawar putih sudah tidak lagi mengandung gandum. Ini karena tepung putih yang digunakan untuk memanggang roti telah dikeluarkan dari kulit luarnya, dan ini membuat kadar serat gandumnya habis. Anda dapat beralih mengonsumsi roti gandum yang kaya serat.

2. Jus dan smoothies

Jus dan smoothies tidak mengandung protein atau serat dari buah. Minum segelas jus justru dapat meningkatkan kadar gula darah Anda dan kemudian turun lagi, sehingga memberikan rasa lapar kembali dengan mudah.

Ahli gizi Mitzi Dulan merekomendasikan Anda untuk menambahkan satu sendok bubuk protein atau selai kacang dalam smoothie Anda untuk menyeimbangkan nutrisinya.

3. Sushi

Sushi merupakan salah satu pilihan makanan sehat dalam porsi kecil yang disukai sedang diet. Selain karena porsinya yang kecil, sushi sebagian besar terdiri dari sayuran, buah serta ikan yang kaya lemak sehat. Namun, satu porsi sushi setara dengan tiga lembar roti tawar putih.

Anda mungkin memilih sushi karena terdapat kandungan ikan yang baik untuk kesehatan. Tapi, tanpa disadari Anda makan nasi lebih banyak dari yang Anda pikir dan tubuh tidak cukup mendapatkan serat dan protein.

 


(ELG)