Apa yang Harus Dilakukan Saat Gigi Mendadak Ngilu?

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 28 Jul 2017 17:51 WIB
kesehatan gigi dan mulut
Apa yang Harus Dilakukan Saat Gigi Mendadak Ngilu?
Jika positif mengalami gigi sensitif, drg. Handini menyarankan agar menggunakan pasta gigi dengan kandungan NovaMin dimana bahan tersebut akan membentuk lapisan pelindung keras. (Foto: Seth Doyle)

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu hal yang mengganggu saat makan adalah gigi ngilu yang datang mendadak. Jika demikian, apa yang harus dilakukan?

"Cobalah berkumur dengan air biasa supaya menetralkan dan hindari yang memgandung bahan sitrus atau asam," jawab drg. Hardini Dyah Astuti, Sp.Perio dalam peluncuran Sensodyne Repair & Protect baru, Jumat 28 Juli 2017. 



Selain itu, cara lain adalah dengan makan yogurt yang dapat menetralkan asam berlebih yang menngenai lapisan gigi untuk mengurangi rasa ngilu. 

Gigi ngilu merupakan pertanda dari gigi sensitif, gangguan yang diakibatkan oleh resesi gusi dan erosi enamel gigi. Gigi sensitif mulai terjadi ketika lapisan kedua gigi (dentin) mulai terbuka. 

(Baca juga: Kebiasaan Gosok Gigi yang Perlu Diperhatikan)

Langkah pertama yang perlu dilakukan saat gigi ngilu secara berkelanjutan adalah memastikannya apakah gangguan tersebut tergolong gigi sensitif. 



"Bila  terjadi selama lebih dari 14 hari, sebaiknya periksa ke dokter gigi apakah itu gigi sensitif atau bukan," saran pemilik sekaligus direktur Divine Dental Clinic Jakarta tersebut. 

Jika positif mengalami gigi sensitif, drg. Handini menyarankan agar menggunakan pasta gigi dengan kandungan NovaMin dimana bahan tersebut akan membentuk lapisan pelindung keras hingga 50 persen untuk menutupi dentin yang terbuka dan membentuk kembali mineral alami gigi untuk memberikan perlindungan lebih lama.










(TIN)