5 Tipe Orang yang Berisiko Kekurangan Vitamin D

Raka Lestari    •    Senin, 11 Sep 2017 13:24 WIB
vitamin
5 Tipe Orang yang Berisiko Kekurangan Vitamin D
Orang berkulit gelap memiliki lebih banyak melanin di epidermis mereka, yang membuatnya menolak tubuh untuk menghasilkan vitamin D. (Foto: Ellopiageenos.blogspot.gr/Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kekurangan vitamin D dapat dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan, termasuk risiko penyakit Alzheimer, diabetes, osteoporosis dan penyakit jantung. 

Ditambah, jika Anda didiagnosis dengan kondisi serius seperti kanker prostat atau payudara, peluang bertahan hidup Anda mungkin lebih rendah daripada seseorang dengan kadar vitamin D normal. Berikut adalah lima tipe orang yang mudah kekurangan Vitamin D.



1. Usia lebih dari 55 tahun
Seiring bertambahnya umur, seseorang akan jarang bergerak, sulit memiliki waktu beraktivitas di luar ruang. Hal itulah yang menyebabkan kurangnya asupan vitamin D.



2. Pekerja kantoran
Orang-orang yang pekerjaannya tidak terkena matahari langsung, biasanya kekurangan asupan vitamin D yang memadai.

(Baca juga: 5 Ciri Tubuh Anda Kurang Vitamin)



3. Orang yang depresi
Orang dengan kadar vitamin D rendah dalam darah mereka lebih berisiko dua kali lipat didiagnosis menderita depresi.



4. Orang dengan kadar lemak tinggi
Jika Anda memiliki indeks massa tubuh (BMI) lebih dari 30 atau persentase lemak tubuh yang tinggi, lebih sulit bagi vitamin D untuk menyebar pada tubuh Anda.



5. Orang berkulit gelap
Hal ini dikarenakan orang berkulit gelap memiliki lebih banyak melanin di epidermis mereka, yang membuatnya menolak tubuh untuk menghasilkan vitamin D.

Jika Anda kekurangan vitamin D mulailah memperbaiki pola makan Anda dan mulailah mengonsumsi suplemen. Konsultasikanlah dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. 










(TIN)