4 Cara Menghindari Jatuh Saat Anda Hamil

Yatin Suleha, Raka Lestari    •    Rabu, 30 Aug 2017 08:00 WIB
kehamilan
4 Cara Menghindari Jatuh Saat Anda Hamil
Selama hamil ada baiknya Anda banyak minum air putih, gunakan pakaian yang berwarna terang, dan makan sedikit-sedikit namun sering. (Foto: Alanna Rochelle/Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketika Anda sedang hamil, pusat gravitasi Anda sedikit berubah karena perut yang membesar dan semakin berat. Beberapa cara di bawah ini bisa menghindari Anda dari risiko jatuh saat Anda sedang hamil.

1. Aman di rumah
Selama Anda hamil, perubahan di tubuh Anda terjadi. Contohnya seperti ketika memungut benda yang jatuh, ini akan sedikit sulit untuk dilakukan. Anda tak selincah dulu sebelum Anda hamil. Untuk itu, beberapa hal di rumah perlu Anda perhatikan, misalnya terangkan lampu di beberapa bagian, karena jika gelap dan ternyata lantai licin, ini bisa membahayakan Anda. 

Jauhkan diri Anda dari kabel listrik, tumpukan karpet-untuk menghindari Anda tersandung. Jika Anda menggunakan karpet rekatkan dengan isolasi plastik di setiap ujungnya yang sering melengkung. Usahakan agar lantai kamar mandi Anda selalu kering. Jika Anda khawatir karena lantai yang selalu basah, letakkan nonslip bath mat di lantai.



2. Berhati-hati di lingkungan sekitar Anda
Usahakan agar Anda waspada dengan lingkungan sekitar ketika Anda sedang berjalan. Perhatikan apakah ada binatang yang melintas, patahan semen di jalan, jalanan yang bolong, atau apa saja yang bisa membuat Anda terjatuh.

Hindari membalas whatsapp atau mengetik sambil berjalan. Hindari berjalan di jalanan yang menaik atau menanjak, karena rasanya berat dan ini berbeda dengan kondisi Anda waktu sebelum hamil. Pilih tangga dibandingkan jalanan yang menanjak. Lebih baik selalu berpegangan di handrail ketika naik dan turun tangga. 

(Baca juga: 10 Cara Jalani Kehamilan Sehat untuk Wanita Obesitas)



3. Gunakan sepatu yang nyaman
Sekarang bukan waktunya Anda berjalan dengan sepatu 4 inci. Sneaker atau flat shoes adalah pilihan aman yang sekaligus juga membuat Anda nyaman ketika melangkah. Beli sepatu yang baru karena ketika Anda hamil, terkadang kaki Anda membengkak dan ukuran sepatu lama Anda sudah tidak bisa dipakai lagi.



4. Hindari pusing
Pusing tiba-tiba bisa saja terjadi. Ini karena Anda bisa cenderung lebih dehidrasi dan level gula di dalam darah Anda bisa turun drastis secara cepat. Selama hamil ada baiknya Anda banyak minum air putih, gunakan pakaian yang berwarna terang, dan makan sedikit-sedikit namun sering. 

Semakin besar kehamilan Anda, ini bisa menekan pembuluh darah utama dan ini bisa membuat Anda pusing jika Anda terlalu cepat berdiri dari posisi duduk. Berpindah dengan gerakan yang lambat untuk memberikan tubuh Anda kesempatan untuk menyesuaikan.










(TIN)