3 Kebiasaan Pagi yang Bikin Berat Badan Naik

Nia Deviyana    •    Minggu, 27 Aug 2017 11:57 WIB
tips kesehatan
3 Kebiasaan Pagi yang Bikin Berat Badan Naik
(Foto: Women's Health)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menjaga pola makan menjadi kunci penurunan berat badan. Namun ada kalanya Anda sudah memangkas porsi dan menghindari makanan cepat saji, tetapi berat badan tak kunjung turun.

Apa yang salah?

Ternyata kebiasaan pagi yang salah dapat menggagalkan seluruh upaya diet yang sudah Anda jalani. Berikut kebiasaan yang sebaiknya tidak dilakukan pada pagi hari seperti dilansir dari Women's Health.

1. Tidur terlalu lama

Kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan berat badan karena meningkatnya kortisol dan hormon perangsang nafsu makan. Hal itu juga berlaku jika Anda terlalu banyak tidur. Studi yang diterbitkan Jurnal PLOS One menemukan, tidur lebih dari 10 jam semalam dapat meningkatkan indeks massa tubuh (BMI) dibanding Anda tidur selama 7-9 jam semalam.

2. Tak mendapat sinar matahari

Masih berdasarkan penelitian yang diterbitkan di Jurnal PLOS One, orang yang mendapatkan sinar mentari pagi memiliki Indeks Massa Tubuh (BMI) yang relatif rendah, terlepas dari seberapa banyak mereka makan.

Menurut penelitian tersebut, 20-30 menit paparan matahari pagi lebih dari cukup untuk memengaruhi BMI. Dengan mendapat sinar matahari pagi, tubuh menyinkronkan ritme sirkadian, termasuk memaksimalkan metabolisme sehingga tubuh membakar kalori lebih banyak.

3. Sarapan dengan porsi kecil

Peneliti di Tel Aviv University menemukan, mengonsumsi makanan rendah kalori saat sarapan justru memicu kelaparan, sehingga memungkinkan Anda lebih banyak makan pada siang hari. Disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 600 kalori saat sarapan, yang mencakup protein tanpa lemak, karbohidrat, dan sedikit tambahan makanan yang manis.




(DEV)