Tanpa Disadari, Penggunaan Benda-benda Ini Memperparah Polusi Lingkungan

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 06 Jun 2017 13:47 WIB
tips kesehatan
Tanpa Disadari, Penggunaan Benda-benda Ini Memperparah Polusi Lingkungan
(Foto: The Health Site)

Metrotvnews.com, Jakarta: Polusi adalah satu hal yang menjadi perhatian dunia. Setiap individu hingga negara berlomba untuk mengurangi tingkat polusi di bumi.

Bagi Anda para wanita, ternyata ada barang-barang keseharian yang tanpa disadari menambah polusi lingkungan, terutama terkait penggunakan plastik. Apa sajakah itu?

1. Pembalut berbahan plastik, kapas, atau keduanya

Pembalut sekali pakai yang langsung dibuang ke tempat sampah umumnya sulit terurai dan membutuhkan waktu 500-800 tahun untuk membusuk. Oleh karena itu, cobalah gunakan pembalut berbahan kain untuk mengurangi penumpukan bahan kimia di bumi.

2. Pisau cukur sekali pakai

Ini adalah solusi instan yang sangat membantu, namun bahan plastik dari alat cukur ini tak baik untuk lingkungan karena mengotori tanah. Lebih baik Anda secara rutin mengunjungi salon untuk membantu bumi bernapas lebih baik.

3. Penggunaa cotton bud

Tak hanya membersihkan telinga, maskara membandel pun bisa diatasi dengan alat mungil ini. Sayangnya, batang cotton bud terbuat dari plastik yang meskipun kecil tetap sulit terurai. Cobalah menggunakan kapas biasa untuk mengurangi penggunaan plastik dalam keseharian.

4. Pembersih make up instan

Pembersih jenis ini, yang biasanya berbentuk seperti selapis kertas, memang lebih baik dan lebih cepat untuk melepaskan make up dari wajah. Namun, konsep sekali pakai yang digunakan menciptakan polusi lingkungan karena sulit terurai dan tidak ramah lingkungan. Cobalah gunakan handuk basah untuk melap make up dan bisa dipakai berulang kali denganc ara dibersihkan.

5. Penggunaan hair spray dan deodoran

Sudah bukan rahasia lagi jika kedua alat tersebut banyak menyebarkan racun di udara. Deodoran mengandung paraben, triklosan, dan komponen aluminium yang tak menyehatkan. Cobalah gunakan minyak alami dan pewangi alami untuk membuat rambut terlihat lebih menawan.


(DEV)