Bumil dan Bayi Paling Rentan Menjadi Perokok Tersier

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 15 Sep 2017 11:00 WIB
kesehatan jantung
Bumil dan Bayi Paling Rentan Menjadi Perokok Tersier
Kategori yang paling rentan mengalami masalah kesehatan akibat menjadi perokok tersier adalah anak-anak (bayi), ibu hamil (bumil), dan lanjut usia (lansia). (Foto: Mon Petit Chous Photography/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bahaya menjadi perokok pasif atau sekunder memang sudah lama digaungkan ke masyarakat umum. Namun bagaimana dengan perokok tingkat ketiga atau tersier, apakah dampak buruk yang diberikan sama?

Perokok pasif adalah mereka yang terpapar asap rokok yang dikeluarkan oleh perokok aktif, sementara perokok tersier merupakan sisa dari asap rokok (residu), yang menempel di benda sekitar perokok atau lingkungan asap rokok, seperti pakaian atau sofa. 



"Residu itu tetap mengandung nikotin dan bahan berbahaya lainnya, bila terhirup bisa memengaruhi fungsi saluran napas," pungkas ahli paru DR. dr Agus Dwi Susanto Sp.P(K) dalam talkshow #melawanrokok, Kamis (14/9/2017). 

(Baca juga: Bayi Meninggal Karena Pneumonia, Ibu Ini Larang Asap Rokok Masuk Rumah)

Ia menambahkan, kategori yang paling rentan mengalami masalah kesehatan akibat menjadi perokok tersier adalah anak-anak (bayi), ibu hamil (bumil), dan lanjut usia (lansia). Anak-anak, terutama bayi, masih berada dalam proses perkembangan sistem pernapasan sehingga risiko kerusakan bagian tersebut lebih cepat.

"Kalau residu terhirup, maka biaa memengaruhi fungsi pernapasan yang belum berfungsi maksimal," tambah dr. Agus. Sementara itu, bumil yang menghirup residu asap rokok dapat membahayakan janin yang berada dalam kandungan. 



"Residu bisa masuk ke dalam darah. Kandungan nikotin yang masuk dalam darah tersebut dapat mengganggu sistem pertumbuhan janin karena adanya risiko penyempitan di pembuluh darah akibat kurang mendapat oksigen," paparnya. 

Akibatnya, anak yang dilahirkan cenderung lebih ringan dan pendek dibandingkan dengan bumil yang tidak berada dalam lingkungan asap rokok.











(TIN)