8 Penyebab Rasa Nyeri di Area Genital Wanita

Torie Natalova    •    Selasa, 29 Nov 2016 13:32 WIB
kesehatan
8 Penyebab Rasa Nyeri di Area Genital Wanita
(Foto: Premium Medically)

Metrotvnews.com, Jakarta: Rasa sakit atau nyeri di area genital  wanita bisa memberikan ketidaknyamanan. Gangguan-gangguan semacam ini bisa merusak aktivitas. Namun, apakah rasa nyeri selalu berkaitan dengan penyakit serius?

Apa saja penyebab nyeri di area genital? berikut penjelasannya seperti dikutip Times of India.

1. Stres

Sebuah studi terbaru di Swedia menemukan, wanita yang mengalami sakit di bagian genitalnya berkaitan dengan kecemasan. Ini juga termasuk sakit saat bercinta. Peneliti melakukan penelitian pada 1000 wanita dengan usia 18-35 tahun dan menemukan stres dan rasa sakit di vagina berkaitan.

2. Infeksi bakteri

Infeksi bakteri adalah hal yang paling sering terjadi pada wanita. Namun, infeksi tak selalu menyakitkan. Gejala utamanya infeksi bakteri adalah gatal, panas, dan sakit saat buang air kecil juga bercinta.

3. Kekeringan vagina

Banyak wanita yang berpikiran bahwa kondisi kering pada vagina hanya terjadi saat menipause. Tapi, kondisi ini dapat terjadi pada wanita di segala usia. Kekeringan yang parah pada vagina dapat sebabkan sakit.

4. Herpes

Herpes simplex virus atau HSV adalah infeksi yang menyebabkan herpes. Satu-satunya cara utuk menyembuhkannya adalah ke dokter untuk mengatasi sakitnya. Faktor risiko herpes yaitu sering berganti pasangan seks, terkena infeksi saluran kencing dan sistem imun yang lemah.

5. Pecahnya kista

Meski terdengar mengerikan, pecahnya kista corpus luteum biasanya tidak serius. Kista ini adalah kista ovarium yang dapat pecah saat haid dan memakan waktu tiga bulan untuk sembuh. Terkadang, ini dapat membuat bengkak dan bisa menyakitkan bagian organ intim Anda.

6. Rambut kemaluan tumbuh

Rambut kemaluan yang tumbuh ke dalam dapat mengiritasi kulit dan sebabkan gatal juga rasa sakit.

7. Organ intim pria

Ini mungkin sudah bukan hal baru, tetapi bagi Anda yang belum tahu adalah organ intim pria atau penis yang besar dapat sebabkan rasa sakit di vagina.

8. Infeksi radang panggul

Infeksi radang panggul disebabkan oleh jaringan rahim atau lapisan rahim tumbuh di luar tempat yang normal. Kondisi ini sebabkan nyeri dan peradangan. Salah satu gejala umum dari penyakit radang panggul adalah pendarahan yang berlebihan saat haid.
 


(DEV)