4 Gejala Penyakit yang Tidak Boleh Diabaikan

Nia Deviyana    •    Rabu, 30 Nov 2016 17:44 WIB
tips kesehatan
4 Gejala Penyakit yang Tidak Boleh Diabaikan
(Foto: Healthsite)

Metrotvnews.com, Jakarta: Rasa nyeri memang tak selalu berarti sinyal negatif terkait kondisi kesehatan. Namun,sebaiknya jangan abaikan jika rasa nyeri jika dibarengi gejala berikut ini.

1. Lemah pada bahu dan kaki Lemah di area lengan, kaki, atau wajah merupakan salah satu ciri utama stroke. Terutama jika itu terjadi di salah satu sisi tubuh. Indikasi stroke semakin kuat bila Anda merasa keseimbangan tubuh terganggu, merasa pusing, dan kesulitan berjalan.

"Pastikan Anda mendapat bantuan dengan segera jika kondisi semakin buruk dan terjadi gangguan penglihatan dan kesulitan dalam berbicara," ujar Internis Jacob Teitelbaum, MD.

2. Sakit di area dada


Nyeri dada disertai rkeringat, rasa tertekan, sesak napas dan mual harus dievaluasi penyebabnya oleh dokter. Sebab, gejala tersebut merupakan ciri umum adanya gangguan pada jantung, terutama jika terjadi saat Anda sedang aktif. Selain itu, nyeri pada dada juga bisa disebabkan karena tingginya asam lambung.

3. Nyeri di area kaki

Deep Vein Thrombosis atau DVT adalah salah satu penyebab nyeri pada kaki. DVT terjadi karena adanya gumpalan darah pada vena di kaki. Umumnya terjadi di bagian betis atau paha. Kondisi ini sebenarnya normal, terutama jika Anda usai berolahraga. Namun, jika disertai rasa panas dan kemerahan, segera periksakan ke dokter.


4. Ada darah pada urine

Ada beberapa faktor yang menyebabkan keluarnya darah saat Anda buang air kecil, apalagi jika disertai nyeri di area punggung. Hal itu merupakan indikasi penyakit batu ginjal.

Batu ginjal terbentuk merupakan sebuah kristal kecil yang terbentuk akibat endapan mineral dan garam di ginjal. Batu tersebut menyumbat di uretra. Untuk mendiagnosa penyakit ini, dibutuhkan pemeriksaan dengan rontgen atau USG.
 
 



(DEV)