Penyebab Utama Anemia pada Orang Indonesia

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 29 Mar 2017 15:03 WIB
anemia
Penyebab Utama Anemia pada Orang Indonesia
konfrensi pers Indonesia Bebas Anemia (Foto: metrotvnews/yanti)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak sedikit orang yang mengalami beberapa gejala anemia seperti letih, lesu, kulit pucat, kurang bergairah, hingga pusing atau berkunang-kunang. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Anemia atau biasa disebut kurang darah terjadi karena kekurangan suplai oksigen ke jaringan dan organ tubuh atau kadar Hemoglobin (Hb) dalam darah kurang dari normal.

"Sebanyak 60 persen penyebab orang Indonesia mengalami anemia adalah karena kurangnya asupan zat besi," ujar Prof. Dr. Endang L. Achadi selaku Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI) dalam konfrensi pers Indonesia Bebas Anemia, Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Ia menjelaskan, salah satu penyebab anemia adalah kurangnya asupan gizi yang penting untuk pembuatan Hb, seperti zat besi, asam folat, vitamin B12, dan protein.

Jenis makanan tersebut banyak terdapat pada lauk pauk seperti daging, unggas, dan ikan. Endang menyarankan agar lebih baik mengambil asupan zat besi dari hewani.

"Asupan zat beai dari sumber nabati umumnya hanya bisa terserap satu sampai tiga persen dari total zat besi dalam makanan, jadi hanya sedikit. Sementara kalau dari hewani jauh lebih banyak," terangnya.

Selain kekurangan asupan, penyebab lain dari anemia adalah meningkatnya pengeluaran darah akibat beberapa hal, seperti pendarahan, infeksi cacingan, pecahnya sel darah merah karena penyakit (malaria atau thalasemia) dan luka.



 


(ELG)