Kapan Hasrat Seks Mulai Menurun?

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 23 Jul 2016 13:36 WIB
seks
Kapan Hasrat Seks Mulai Menurun?
dr Boyke (Foto: Metrotvnews/Yanti)

Metrotvnews.com, Jakarta: Hasrat seks pada manusia bisa menurun seiring bertambahnya usia. Pada usia berapakah hal itu terjadi?

"Biasanya saat memasuki usia andropause untuk pria, di atas 55 tahun, dan menopause pada wanita, yaitu di atas 45 tahun. Wanita lebih cepat dibandingkan pria," ujar dr. H. Boyke Dian Nugraha, SpOG MARS dari boykepedia.com saat ditemui Metrotvnews.com, di Jakarta.

Ia menjelaskan, biasanya hasrat seks menurun saat menginjak usia lanjut usia di mana wanita berusia antara 45-50 tahun dengan rata-rata usia 49 tahun, sementara untuk pria pada usia 55-60 tahun.

Penurunan tersebut terjadi karena adanya penurunan hormon testoteron (pada pria) dan hormon estrogen (pada wanita).

Jika menopause ditandai dengan berhentinya haid, maka andropause pada pria tidak menunjukkan gejala yang terlihat jelas secara umum. Dalam kehidupan seks, tanda dari pria yang mengalami andropause adalah ereksi yang kurang keras dan menjadi terhenti (drop) saat berhubungan seksual akibat turunnya hormon testoteron.

"Namun, meskipun terjadi penurunan, hasrat seks tak bisa hilang sama sekali," kata dokter dengan tiga anak tersebut.

Perbedaan signifikan

Penurunan hasrat seksual terlihat secara signifikan pada manula dari segi jumlah aktivitas seksual yang dilakukan. Jika saat muda bisa berhubungan seksual 4-5 kali dalam seminggu, manula biasanya melakukan hanya sekali seminggu atau dua kali seminggu.

"Untuk pria manula, biasanya hasrat masih terasa jika memiliki istri yang lebih muda," tambahnya.

Disfungsi ereksi, keluhan paling sering manula

Sering bertambahnya usia, salah satu keluhan yang paling sering dilontarkan oleh pada manula adalah difungsi ereksi dan hilangnya hasrat seks.

"Lebih dari 50 persen pasien manula yang saya tangani mengeluh tentang disfungsi ereksi, kedua terbesar adalah ejakulasi dini," paparnya.

Sementara, keluhan pada wanita adalah mulai merasa sakit saat berhubungan seks dan hilangnya gairah seks meskipun pasangannya masih ingin. Selain itu, vagina yang mengering karena semakin berkurangnya lendir seiring bertambahnya usia juga menjadi salah satu penyebab mengapa wanita merasa tak bisa melayani pasangan dengan baik.

 


(ELG)