Alasan Mengapa Seseorang Takut Terhadap Boneka

Raka Lestari    •    Selasa, 09 Oct 2018 09:03 WIB
psikologi
Alasan Mengapa Seseorang Takut Terhadap Boneka
Menurut Dr Rosmarin, budaya pop memiliki efek yang cukup besar untuk membuat kita takut terhadap boneka. (Foto: Alexander Krivitskiy/Unsplash.com)

Jakarta: Meskipun boneka sebenarnya bukanlah hal yang perlu ditakuti namun ada banyak orang yang menganggap bahwa boneka merupakan salah satu simbol yang berkaitan dengan sesuatu yang meyeramkan atau menakutkan. 

Dan menurut David H. Rosmarin, PhD, ABPP, "Pada dasarnya, anak-anak tidak takut terhadap simbol-simbol horor. Sebaliknya, ketakutan terhadap boneka biasanya merupakan suatu kondisi yang didapat dari pengalaman," katanya.

Menurut Dr Rosmarin, budaya pop memiliki efek yang cukup besar untuk membuat kita takut terhadap boneka daripada apa pun yang secara mendalam berada dalam jiwa kita. Jika ketika masih kecil Anda hanya pernah melihat boneka dalam situasi yang aman, ketika tumbuh besar Anda mungkin baik-baik baik-baik saja ketika melihat bonek. 

Tapi, jika boneka itu muncul di ruang yang tidak biasa dan gelap, dengan musik yang menakutkan diputar di latar belakang, Anda mungkin akan menganggap bahwa boneka merupakan hal yang menakutkan.


(Menurut Dr Rosmarin, budaya pop memiliki efek yang cukup besar untuk membuat kita takut terhadap boneka. Foto: Robert Zunikoff/Unsplash.com)

(Baca juga: Walah, Selena Gomez Takut Boneka Chucky)

Dikutip dari Refinery 29, salah satu teori umum lainnya yang menyelidiki alasan mengapa seseorang takut terhadap boneka adalah bahwa boneka memiliki ciri-ciri seperti manusia atau bahkan tampak hidup, tetapi sebenarnya tak bernyawa dan tidak dianggap sebagai manusia. Apa pun alasan Anda takut akan boneka, sebaiknya Anda tidak perlu khawatir secara berlebihan.

Menurut Dr Rosmarin, dengan melakukan exposure therapy atau secara bertahap meningkatkan kontak dengan boneka, dapat membantu mengobati rasa takut Anda jika Anda merasa bahwa ketakutan Anda terhadap boneka sudah sangat intens atau bahkan cenderung mengganggu. 

Namun untungnya, ketakutan Anda terhadap boneka tidaklah menunjukkan adanya sesuatu yang tidak terlihat secara kasat mata atau hal-hal yang berhubungan dengan horor.




(TIN)