Sering Mendadak Lapar saat Hujan? Ini Penyebabnya

Gervin Nathaniel Purba    •    Senin, 25 Feb 2019 08:00 WIB
kalbe nutritionals
Sering Mendadak Lapar saat Hujan? Ini Penyebabnya
Hujan meningkatkan nafsu makan. (Foto: Shutterstock)

Jakarta: Ketika hujan atau cuaca dingin, banyak orang merasa lapar dan ingin makan sesuatu yang bisa menghangatkan tubuh. 

Fenomena ini dijelaskan oleh para ahli. Ketika suhu turun, nafsu makan menjadi meningkat untuk menjaga tubuh tetap hangat. 

"Begitu suhu turun, muncul keinginan mengonsumsi makanan berkalori tinggi, karbohidrat tinggi, dan makanan yang membuat kita merasa hangat dan nyaman," ujar Ahli Gizi pada Program Universitas New York untuk Penurunan Berat Badan Bedah Barrie Wolf-Radbille, dilansir dari WebMD.

Suhu dingin akan mengaktifkan mode pemeliharaan diri, yaitu dengan cara mengirim sinyal ke tubuh agar segera menghangatkan diri. Sinyal tersebut sering direspons sebagai keinginan untuk mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, gula, dan pati yang memberikan panas instan ke tubuh. 

"Sederhananya, ketika suhu di luar ruangan turun, suhu tubuh Anda juga turun. Kondisi ini menciptakan keinginan untuk mengonsumsi makanan yang dapat menghangatkan tubuh dengan cepat," kata Pakar Nutrisi dari Diabetes Center of America Kristin Herlocker. 

Yang menjadi tantangan ialah kondisi hujan yang terus menerus hingga malam. Keinginan makan akan lebih besar akibat cuaca yang semakin dingin saat malam menjelang.

Padahal, makan malam yang terlalu banyak, khususnya di atas pukul 7 malam, akan membuat berat badan bertambah. Untuk mengendalikan nafsu makan selama musim hujan, Anda bisa melakukan cara berikut ini.

1. Perbanyak Asupan Protein

Makan terlalu banyak karbohidrat dan sedikit olahraga dapat menyebabkan penambahan berat badan. Asupan protein dapat menjaga nafsu makan tetap terkendali.

2. Memilih Makanan Rendah Kalori

Pilihlah makanan yang rendah lemak, perbanyak sayuran, gandum, dan susu rendah lemak. Makanan tersebut cocok untuk dikonsumsi pada malam hari untuk menghindari peningkatan berat badan.

3. Melakukan Aktivitas Lain

Alihkan rasa lapar dengan berbagai aktivitas lain. Misalnya, menyelesaikan pekerjaan, membaca buku, olahraga, dan lainnya.

4. Tetap Terhidrasi

Biasakan minum air putih 1,5 hingga 2 liter setiap hari untuk membantu metabolisme tubuh dan mengontrol nafsu makan.

5. Makan Camilan Sehat

Camilan sehat yang tinggi protein dan serat akan memicu mekanisme panas pada tubuh, sehingga mampu menjaga tubuh tetap hangat. Semakin hangat tubuh pada cuaca dingin, maka semakin sedikit tubuh menginginkan karbohidrat. 

Camilan tersebut sebaiknya dikonsumsi di sela jam makan untuk menekan nafsu makan. Salah satu camilan sehat yang punya rasa enak adalah Fitchips. 

Fitchips merupakan camilan yang terbuat dari multigrain atau biji-bijian dan kaya serat, seperti oat, quinoa, whole wheat (gandum utuh), dan jagung. Multigrain merupakan sumber serat dan baik untuk memelihara kesehatan jantung, sehingga Anda tak perlu takut gemuk.

Keunggulan lainnya, Fitchips dibuat tanpa penguat rasa/MSG, pengawet, pewarna dan pemanis buatan (4P). Rasa asin pada Fitchips didapat dari garam yang juga berfungsi sebagai pengawet alami.

Fitchips hadir dalam tiga varian rasa, yakni honey BBQ, seaweed, serta cheese & herbs. Sediakan selalu Fitchips untuk mengatasi keinginan mengemil.



(ROS)