Kenali Lemak Baik dari Minyak Zaitun

Raka Lestari    •    Selasa, 31 Jul 2018 16:02 WIB
kesehatan
Kenali Lemak Baik dari Minyak Zaitun
Minyak zaitun sendiri memiliki kandungan lemak sehat atau monounsaturated fat yang baik bagi tubuh. (Foto: Jessica Lewis/Unsplash.com)

Jakarta: Minyak zaitun sudah tidak perlu diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan. Dengan menambahkannya sebagai salad dressing, atau dicampurkan dengan bahan makanan lainnya minyak zaitun bisa memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Selain itu minyak zaitun pun bisa digunakan menggoreng atau menumis. 

Minyak zaitun mempunyai kandungan lemak sehat (Monounsaturated Fatty Acids/MUFA atau lemak tak jenuh tunggal) sebesar 77 persen dengan kandungan kolestrol nol persen, dan juga bebas lemak trans. 

MUFA tersebut akan membantuk kerak tipis di atas makanan yang dimasak dengan minyak zaitun dan menghambat penetrasi minyak, membuatnya lebih ringan, lezat, dan sehat. 


(Menurut Gwendoline Winarno, food enthusiast dan entrepeneur, meskipun minyak zaitun memiliki kandungan lemak namun lemak yang terdapat pada minyak zaitun masuk ke dalam good fat. Foto: Dok. Medcom.id/Raka Lestari)

(Baca juga: Minyak Zaitun Membantu Hindari Alzheimer)

“Minyak zaitun yang paling baik digunakan untuk menggoreng atau bahkan deep fried adalah yang jenis extra light. Minyak zaitun jenis ini memiliki perbedaan pada proses pembuatannya yaitu dengan menggunakan filter sehingga aman jika dipanaskan,” ujar Guillermo Romeu, Manajer Area Bertolli Asia, dalam acara peluncuran kampanye ‘The Bertolli Way’ di kawasan Jakarta Selatan, Selasa 31 Juli 2018. 

Menurut Gwendoline Winarno, food enthusiast dan entrepeneur, meskipun minyak zaitun memiliki kandungan lemak namun lemak yang terdapat pada minyak zaitun masuk ke dalam good fat yang dibutuhkan tubuh. 

"Minyak zaitun sendiri memiliki kandungan lemak sehat atau monounsaturated fat sehingga tidak perlu khawatir dalam mengonsumsinya," tutup Gwen. 





(TIN)