Wanita, Ketahui 5 Hal Tentang Tubuh Anda Ini

Torie Natalova    •    Kamis, 29 Mar 2018 14:03 WIB
kesehatankanker
Wanita, Ketahui 5 Hal Tentang Tubuh Anda Ini
Menyadari seberapa penting Anda buang air kecil atau mengosongkan perut Anda, adalah salah satu dari banyak cara Anda dapat memantai seberapa baik tubuh Anda berfungsi baik. (Foto: Pete Bellis/Unsplash.com)

Jakarta: 177 ribu wanita didiagnosa menderita kanker setiap tahun di Inggris dan satu dari dua yang diperkirakan didiagnosa menderita kanker seumur hidupnya. Mengetahui atau mengenal tubuh Anda sangat penting untuk menghindari penyakit serius termasuk kanker.

Dr Eleanor Atkins menguraikan beberapa hal penting yang harus disadari setiap wanita. Kenali beberapa tanda peringatan potensial yang muncul dan harus Anda waspadai.

1. Tanggal periode haid Anda
Sangat mudah untuk melupakan tanggal pasti siklus haid Anda karena tidak pernah jatuh di tanggal yang sama. Tapi, mengetahui waktu siklus atau periode haid Anda sangat penting. Jika haid lebih pendek dari biasanya, mungkin itu adalah tanda Anda kelelahan fisik atau mental, diet ketat atau stres. 

Begitupun sebaliknya jika Anda mengalami haid yang berat dan berlangsung lebih lama dari biasanya, serta gejala lain, segera konsultasi dengan dokter.


(Sangat mudah untuk melupakan tanggal pasti siklus haid Anda karena tidak pernah jatuh di tanggal yang sama. Tapi, mengetahui waktu siklus atau periode haid Anda sangat penting. Foto: Peter Sjo/Unsplash.com)

2. Seperti apa payudara Anda
Memeriksa payudara secara teratur dapat membantu mendeteksi dini kanker payudara. Tetapi, terkadang Anda dapat salah mendeteksi karena kurangnya pengetahuan. Karena hormon, payudara Anda mungkin terasa berbeda pada berbagai waktu dalam sebulan sehingga penting untuk memeriksanya di waktu yang sama setiap bulan.

Waktu terbaik untuk memeriksa payudara adalah seminggu setelah haid, pastikan Anda memeriksa dari tengah dada sampai ke ketiak. Normal untuk payudara terasa lembut saat haid, tapi jika ada tanda benjolan atau perubahan penampilan puting, segera konsultasikan ke dokter.

(Baca juga: Vitamin C Membantu Pengobatan Kanker Lebih Efektif)

3. Seberapa sering Anda ke kamar mandi
Menyadari seberapa penting Anda buang air kecil atau mengosongkan perut Anda, adalah salah satu dari banyak cara Anda dapat memantai seberapa baik tubuh Anda berfungsi baik. Konsistensi, warna atau bau kotoran dan urine dapat menunjukkan apakah Anda cukup terhidrasi, memiliki masalah pencernaan atau menderita sesuatu yang serius seperti kanker.


(Menyadari seberapa penting Anda buang air kecil atau mengosongkan perut Anda, adalah salah satu dari banyak cara Anda dapat memantai seberapa baik tubuh Anda berfungsi baik. Foto: Brooke Cagle/Unsplash.com)

4. Bentuk dan letak tahi lalat
Kebanyakan tahu lalat bersifat jinak. Namun, penting untuk menyadari apa yang terlihat seperti tahu lalat dan secara teratur memeriksanya dan pastikan tidak berubah karena perubahan yang berarti bisa menjadi kanker.

5. Seberapa sering menimbang berat badan
Berat badan bisa jadi indikator kesehatan lain yang bermanfaat. Karena hormon, banyak berat badan wanita menjadi naik turun beberapa kilogram dalam sebulan. Namun, penurunan berat badan secara tiba-tiba adalah tanda nyata perubahan dalam tubuh.

Kenaikan berat badan tiba-tiba bisa jadi merupakan hasil dari ketidakseimbangan hormon dan tanda menopause, sindrom ovarium polikistik (PCOS) atau kehamilan.

Sedangkan penurunan berat badan tiba-tiba bisa jadi gejala tiroid yang terlalu aktif, gastroenteritis atau sesuatu yang serius seperti kanker.







(TIN)