tema khusus rona

Ciri-ciri Si Kriminal Cinta di Dunia Maya

Yatin Suleha    •    Senin, 11 Jun 2018 11:14 WIB
romansapsikologilove scammer
Ciri-ciri Si Kriminal Cinta di Dunia Maya
Berikut ini ciri-ciri umum love scammer menurut psikolog anak, remaja, dan keluarga Efnie Indrianie, M.Psi. (Foto: Ilustrasi. Dok. Justin Chen/Unsplash.com)

Jakarta: Memang orang yang jatuh cinta rasanya selalu bahagia. Dan perasaan ini juga dirasakan oleh mereka yang sedang jatuh cinta dengan seseorang walau hanya di media online. 

Namun, dengan semakin canggihnya komunikasi, Anda perlu berhati-hati akan penipu cinta yang dikenal dengan sebutan love scammer ini.

Dengan keahlian serta kecerdasannya, Anda bisa terperdaya tanpa menyadari bahwa itu hanyalah sebuah tipuan untuk bisa mengambil keuntungan (baik berupa uang, barang, dan lainnya) dari Anda.

Berikut ini ciri-ciri umum love scammer menurut psikolog anak, remaja, dan keluarga Efnie Indrianie, M.Psi.

(Baca juga: Tips Menghadapi Love Scammer di Dunia Maya)


(Love Scammer, meskipun tidak selalu cantik atau tampan, tapi mereka memiliki daya tarik. Foto: Ilustrasi. Dok. Fábio Scaletta/Unsplash.com)

1. Pribadi mereka menarik
Saat di awal komunikasi mereka tampak sebagai pribadi yang ramah, supel, punya pengetahuan banyak, asik, dan humoris. Ini sebagai langkah awal bagi mereka.

2. Tampilan wajah dan fisik yang menarik
Meskipun tidak selalu cantik atau tampan, tapi mereka memiliki daya tarik.

3. Proaktif
Mereka proaktif untuk menyapa duluan dengan percaya diri melalui pesan pribadi dunia maya. Aktif juga berkomentar pada unggahan teman-temannya di dunia maya.

4. Menarik
Hal-hal yang diunggah di dunia maya cukup menarik perhatian khalayak umum. 

5. Romantis 
Mampu mengucapkan kata-kata romantis saat berkomunikasi.




(TIN)