Ini Alasan Kenapa Santan Baik Dikonsumsi saat Cuaca Panas

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 10 May 2018 10:09 WIB
tips kesehatan
Ini Alasan Kenapa Santan Baik Dikonsumsi saat Cuaca Panas
(Foto: The Health Site)

Jakarta: Kelapa memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah santan, sari daging kelapa, yang dapat menurunkan kemungkinan dehidrasi saat cuaca panas.

Menurut Dr Tanisha Mehta, konsultan gizi dari Columbia Asia Hospital, Sarjapur Road, santan adalah bahan serbaguna yang cocok untuk semua cuaca, terutama selama musim panas. 

"Santan sangat penting untuk menjaga volume darah, mengatur kesehatan jantung, dan mencegah dehidrasi yang sangat umum terjadi selama musim panas," ujarnya, seperti dilansir Thehealthsite. 

Manfaat santan sangat terasa saat cuaca terik atau setelah berolahraga, dimana elektrolit yang ada dalam santan dapat membantu mencegah kelelahan, stroke panas, masalah jantung, nyeri otot atau kram, dan kekebalan tubuh yang rendah.

Santan dapat membantu mengurangi kelelahan karena adanya kandungan mineral yang terus memasok asupan mineral dalam tubuh. Selain itu, santan juga dapat meningkatkan metabolisme sehingga meredakan gangguan sembelit. 

Cairan satu ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena kaya akan vitamin C dan baik untuk penderita Alzheimer karena memiliki kandungan Medium Chain Triglycerida (MCT) yang melimpah. 





(DEV)