Tanda Bahwa Anda Belum Siap Memiliki Hubungan yang Serius

Raka Lestari    •    Kamis, 12 Apr 2018 08:10 WIB
romansapsikologi
Tanda Bahwa Anda Belum Siap Memiliki Hubungan yang Serius
Menurut Dr Brenner, memelajari mengenal orang lain secara bertahap membuat hubungan Anda berjalan lebih baik. (Foto: Riki Ramdani/Unsplash.cpm)

Jakarta: Ada pepatah yang menyebutkan bahwa sebelum jatuh cinta dengan orang lain, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencintai diri Anda terlebih dahulu.

Jika Anda tidak bisa menerima diri sendiri dan kekurangan Anda, maka Anda tidak bisa benar-benar bahagia dengan orang lain. 

Saat mengevaluasi apakah Anda sudah siap untuk berkomitmen pada sesuatu yang serius atau, ada sejumlah tanda-tanda yang kemungkinan menunjukkan bahwa Anda belum siap untuk sebuah hubungan. 

Apa saja tanda-tanda tersebut? Berikut ini tanda-tandanya. 

1. Anda selalu melihat orang lain 
Jika Anda jarang single dan selalu berada dalam satu hubungan ke hubungan lainnya, itu bisa jadi karena Anda terlalu memaksakan hubungan Anda menjadi hubungan yang serius terlalu cepat. 

"Pendekatan yang terarah dalam sebuah hubungan dapat membantu sesorang untuk memelajari tentang sebuah hubungan percintaan, juga melatih seseorang untuk tidak terlalu memaksakan dalam sebuah hubungan," ujar Dr Grant H. Brenner, seorang psikiatri. Biarkan perasaan Anda yang sebenarnya berkembang seiring waktu.

(Baca juga: Ini Alasan Anda Tidak Pernah Sendirian Meski Single)

2. Melakukan kesalahan yang selalu diulang dalam setiap hubungan 
"Jika Anda menyadari bahwa ada pola yang berulang dalam hubungan Anda, misalnya dengan selalu memilih pria yang pada akhirnya menyelingkuhi Anda," ujar Dr Brenner.

Mungkin sebaiknya Anda harus berpikir ulang atau pergi ke terapis untuk memutus pola tersebut agar Anda tidak melakukan keputusan yang membuat Anda berada pada kesalahan yang selalu berulang pada setiap hubungan. 


("Pendekatan yang terarah dalam sebuah hubungan dapat membantu sesorang untuk memelajari tentang sebuah hubungan percintaan, juga melatih seseorang untuk tidak terlalu memaksakan dalam sebuah hubungan," ujar Dr Grant H. Brenner, seorang psikiatri. Foto: Rawpixel.com/Unsplash.com)

3. Anda tidak bisa sendirian 
"Jika Anda tahu bahwa Anda perlu waktu untuk diri sendiri, tetapi Anda merasa tidak dapat berhenti mencari hubungan serius, itu menunjukkan Anda belum siap untuk masuk ke hubungan serius yang sehat," kata Dr Brenner. 

Jika Anda merasa takut bahwa Anda tidak akan pernah dapat berkencan jika Anda berhenti dalam mencari hubungan yang serius, atau merasa terpaksa untuk mencari hubungan serius ketika ada masalah lain yang lebih utama seperti masalah emosional atau psikologis, mungkin Anda belum siap untuk hubungan serius. 

4. Anda mudah terpancing emosi 
Menurut Dr Brenner, memelajari mengenal orang lain secara bertahap membuat hubungan Anda berjalan lebih baik.

Dengan berjalan secara bertahap, Anda mencegah membuat keputusan yang terburu-buru, untuk bisa saling berkomunikasi dengan baik satu sama lain juga. Hal-hal tersebut adalah sesuatu yang simpel namun Anda tidak mungkin berhasil melakukannya tanpa usaha yang cukup. 

5. Teman dan keluarga Anda memberitahu Anda untuk sendiri dulu 
Meskipun penting untuk memiliki pemikiran yang selaras dengan emosi Anda sendiri, kadang-kadang mereka yang paling dekat dengan Anda mengenal Anda lebih baik daripada Anda sendiri.

"Jika teman-teman atau keluarga terus menyuruh Anda untuk berhenti berpacaran, mereka mungkin sedang melakukan sesuatu. Sama berlaku bagi terapis Anda jika Anda sedang menjalani terapi. Dengarkan mereka," kata Dr Brenner.






(TIN)