Batasi Asupan Garam untuk Kesehatan Tiroid Anda

Torie Natalova    •    Selasa, 03 Apr 2018 16:21 WIB
kesehatan
Batasi Asupan Garam untuk Kesehatan Tiroid Anda
Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu di leher Anda yang mengontrol aktivitas metabolik. (Foto: Brooke Cagle/Unsplash.com)

Jakarta: Ini faktanya, hypothroidism atau tiroid yang kurang aktif tidak dapat disembuhkan. Tetapi seperti dilansir dari Prevention.com, mengonsumsi makanan yang ramah dengan tiroid dapat membantu Anda mengelola kondisi tersebut.

Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu di leher Anda yang mengontrol aktivitas metabolik. Ini dilakukan dengan memproduksi hormon tiroid yang mengatur hal-hal seperti detak jantung dan pembakaran kalori.

Tiroid yang kurang aktif tidak cukup memproduksi hormon-hormon ini sehingga dapat membuat Anda lelah, depresi, dan malas untuk makan.

Membatasi konsumsi makanan tertentu dapat membantu fungsi tiroid Anda. Berikut, makanan yang terbaik untuk menjaga tiroid tetap sehat dan batasan maksimal mengonsumsinya.

1. Ikan salmon
Vitamin D yang rendah dalam tubuh seseorang berkaitan dengan tingkat antibodi tiroid yang lebih tinggi. Antibodi mengaktifkan sistem kekebalan untuk menyerang jaringan tiroid, yang menciptakan peradangan dan membuat lebih sulit bagi tiroid untuk melakukan tugasnya. Ikan salmon termasuk sumber vitamin D yang tinggi selain susu, jus jeruk, dan telur.


(Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu di leher Anda yang mengontrol aktivitas metabolik. Foto: Valentina Aleksandrovna/Unsplash.com)

(Baca juga: Makanan Ini Baik untuk Kesehatan Otak Anda)

2. Kedelai
Kedelai mengandung isoflavon yang memblokir yodium melakukan tugasnya. Mineral yodium merupakan unsur penting untuk hormon tiroid. Namun, makan kedelai yang salah atau terlalu banyak konsumsi kedelai juga dapat mengganggu tiroid Anda. Batasi konsumsi ini beberapa porsi seminggu dan konsumsi minimal tahu dan tempe atau miso.

3. Sayuran
Kale, brokoli, kembang kol, kubis Brussel dan kubis, sayuran silangan ini meski penuh nutrisi tapi juga tinggi enzim goitrogens yang dapat mengganggu produksi hormon tiroid. Namun, jangan hindari sayuran ini. Batasi mengonsumsinya dan pastikan memasaknya hingga matang untuk menetralkan enzim berbahaya.

4. Gluten
Bebas gluten tidak tepat untuk semua orang. Tapi, beberapa ahli menduga makanan yang mengandung gluten seperti gandum, barley dan rye dapat memicu peradangan. Itu bisa merangsang serangan antibodi pada jaringan tiroid. Jika Anda memperhatikan bahwa makan bebas gluten membuat Anda merasa lebih baik, konsultasikan dengan dokter.

5. Garam dan rumput laut
Mineral adalah sebuah keharusan untuk produksi hormon tiroid. Tapi, mengonsumsinya lebih dari takaran yang disarankan setiap hari dapat memperburuk masalah tiroid. Yodium ditemukan dalam garam meja, produk susu dan makanan laut. Hindari makanan dengan konsentrasi yodium tinggi seperti rumput laut.







(TIN)