Jogging Nyeker vs Jogging dengan Sepatu, Mana Lebih Baik?

Yatin Suleha    •    Selasa, 03 Apr 2018 18:48 WIB
kesehatan
Jogging Nyeker  vs  Jogging dengan Sepatu, Mana Lebih Baik?
Menurut Prof. Viktor Ristic seorang coach, sekaligus founder dari Platinum Fitness UAE, di Dubai, UAE mengatakan jogging dengan atau tanpa sepatu tergantung dari beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. (Foto: Courtesy of Viktor Ristic/@victorious_fit)

Jakarta: Beberapa orang mengatakan jogging boleh-boleh saja tanpa alas kaki. Namun ternyata tak sepenuhnya benar.

Menurut Prof. Viktor Ristic seorang coach, sekaligus founder dari Platinum Fitness UAE, di Dubai, UAE mengatakan jogging dengan atau tanpa sepatu tergantung dari beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan.

Beberapa faktor di antaranya adalah:

1. Permukaan (tanah, pasir, rumput, jalan raya)
2. Durasi (jarak jauh atau jarak dekat)
3. Berat badan orang tersebut (bagi orang yang lebih berat tentu saja akan membuat stres persendian)

Jadi jogging tanpa alas kaki baik atau tidak?

"Berlari atau jogging di atas permukaan tanah yang solid atau padat sudah tentu berbahaya, semakin berat orang tersebut dan semakin lama berlari bisa menyebabkan dampak yang lebih hebat," ucap Viktor yang belum lama ini mendapatkan penghargaan di ajang Shwaiman Obstacle Race di Dubai.

"Dan benar-benar dapat menyebabkan kerusakan serius pada sendi dan cedera kaki," ucap Viktor mengingatkan.


(Berlari atau jogging di atas permukaan tanah yang solid atau padat sudah tentu berbahaya. Semakin berat orang tersebut dan semakin lama berlari bisa menyebabkan dampak yang lebih hebat. Foto: Courtesy of Viktor Ristic/@victorious_fit)

(Baca juga: Jogging Mempertajam Pikiran dan Daya Ingat)

Viktor menjelaskan bahwa kondisi yang sama juga bisa terjadi pada mereka yang sesekali melakukan jogging atau lari di permukaan pantai atau rerumputan, "Bisa membahayakan jika seseorang tidak overweight dan tidak dalam kondisi yang prima serta baru memulai jogging," tambah Viktor.

Sebagai seorang pelari profesional Viktor mengatakan bahwa sepatu yang baik ternyata juga bisa membuat hasil yang berbeda. "Bisa menentukan apakah Anda kalah atau menang (dalam perlombaan lari)," kata Viktor.

"Jadi, membeli sepatu yang tepat untuk anatomi kaki Anda akan membuat hasil yang optimal dan aman bagi Anda selagi lari. Serta saran saya, pilihlah sepatu yang secara profesional memang dirancang dan diciptakan khusus untuk lari," tutup Viktor.















Konsultan: Viktor Ristic
Coach dan founder dari Platinum Fitness UAE, Dubai.







(TIN)