Pertanda Si Kecil Intoleran Susu

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 15 Sep 2017 12:41 WIB
susu
Pertanda Si Kecil Intoleran Susu
Gejala ruam di kulit merupakan bukti dari intoleransi laktosa karena alergi tersebut membuat kulit mengalami kerusakan. (Foto: Slate.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Susu adalah salah satu sumber nutrisi yang banyak diberikan orangtua untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh si kecil. Namun, hal buruk bisa terjadi bila ternyata sang buah hati mengalami intoleran laktosa. 

Intoleran laktosa terjadi ketika tubuh tak bisa memproduksi laktase, enzim yang berfungsi memecah laktosa yang terdapat dalam susu atau produk susu. 



Namun, bisa jadi orangtua tak mengetahui hal tersebut sejak awal karena gejala yang terkadang tak jelas. Berikut adalah beberapa pertanda yang menunjukkan bahwa anak kemungkinan mengalami intoleran laktosa. 

(Baca juga: Mengenal Laktosa Intoleran)

1. Ekskresi tak terkontrol
Jika anak mengonsumsi makanan kaya laktosa dan tak tercerna dengan baik dalam pencernaan, karena kekurangan laktosa, maka gula akan berfermentasi dalam usus dan menyebabkan beberapa gangguang seperti diare, feses dan gas yang berair. 

2. Kembung
Gula yang tak bisa tercerna dapat menimbulkan kembung pada anak sehingga mereka akan sering mengalami tantrum karena merasa tak nyaman. 

3. Ruam kulit
Gejala yang paling terlihat ini merupakan bukti dari intoleransi laktosa karena alergi tersebut membuat kulit mengalami kerusakan. 



4. Kram perut
Kram perut terjadi karena udara yang terperangkap dan laktosa yang belum tercerna dalam perut. 

5. Sering mengalami flu
Flu merupakan salah satu gejala dari alergi karena intoleran laktosa. Bila anak sering mengalaminya, cobalah periksakan ke dokter. 












(TIN)